Home Seputar Islam Ini Keistimewaan Kurma, Buah Khas Bulan Ramadhan

Ini Keistimewaan Kurma, Buah Khas Bulan Ramadhan

by Farrel Dimas Saputra

PROGRESIF EDITORIALKurma menjadi salah satu deretan takjil wajib saat Ramadhan. Selain rasanya yang manis alami, buah ini juga kaya nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Selain itu juga, Di Al Qur’an, kurma adalah buah yang paling banyak disebut. Surah-surah yang menyebut kurma di antaranya seperti Ar-Rad, Maryam, Al-baqarah, Al-Hasyr dan Qaaf. Kurma juga disebutkan dalam banyak hadis Rasulullah.

Rasullullah SAW pun sangat menyukai Buah kurma, terbukti dengan banyaknya hadist yang meriwayatkan, salah satunya Rasulullah SAW bersabda, “Rumah yang didalamnya tidak ada kurma, penghuninya adalah orang-orang lapar.” (HR. Bukhari).

Pohon kurma merupakan pohon yang aslinya tumbuh di daerah arid atau daerah dengan iklim kering, dan saat ini banyak dibudidayakan di wilayah Timur Tengah, seperti Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan  Tunisia.

Namun di Indonesia sendiri juga mampu tumbuh pohon kurma walaupun hasilnya tidak semaksimal di negara-negara daerah iklim kering.

Meski tidak dapat berbuah subur di negara tropis seperti Indonesia, dalam momen-momen tertentu seperti menjelang Bulan Ramadhan, buah kurma biasanya membanjiri toko-toko ritel dan pasar-pasar yang ada di Indonesia. Rasa legit dan nutrisinya yang kaya menjadikannya pangan ideal bagi umat muslim untuk mengembalikan stamina setelah penat berpuasa seharian.

Dikutip dari Departement of Agriculture United State dan klikdokter.com, menyatakan bahwa sebutir kurma (tujuh gram) memiliki kandungan kalori sebesar 20 kkal.

Baca Juga:  Tata Cara Melaksanakan Umrah

Related Posts

Leave a Comment