Home Seputar Islam Kelebihan Seseorang yang Senang Bershalawat

Kelebihan Seseorang yang Senang Bershalawat

by Indah Nur Laeli

PROGRESIF EDITORIAL – Bershalawat pada Rasulullah merupakan hal yang dilakukan oleh umat muslim, karena bila kita bershalawat, kita akan mendapat manfaat yakni salah satunya adalah dapat menghapuskan dosa kita.
Namun tidak hanya itu, terdapat manfaat lain yang kita peroleh saat bershalawat kepada Rasulullah.
Manfaat seseorang yang senang bershalawat diantara lain, yakni:

  1. Mendapatkan balasan shalawat dari Allah
    Bila kita bersholawat kepada Nabi Muhammad, kita dapat balasan sholawat 10 kali dari Allah SWT. Hal itu pun pernah disebutkan dari dalam sebuah Hadist, di mana Rasulullah bersabda, “Siapa yang bershalawat untukku sekali, maka Allah SWT bershalawat untuknya 10 kali.”
  2. Mendapatkan sambutan shalawat dari Rasulullah
    Manfaat lainnya bila kita bershalawt kepada Nabi Muhammad ialah beliau akan menyambut dengan bershalawat juga kepada kita. Dalam sebuah hadist riwayat Imam Thabrani dari Sahabat Anas bin Malik dikatakan, “Siapa yang bershalawat untukku maka shalawat itu akan sampai padaku dan aku akan bershalawat untuknya, dan baginya akan dicatat 10 kebaikan.”
  3. Malaikat turut membaca shalawat
    Bukan hanya Allah dan Rasulullah yang bershalawat, tetapi juga malaikat-malaikat ikut serta bagi orang yang bershalawat kepada nabi. Hal tersebut juga pernah dijelaskan dalam hadist riwayat Imam Ahmad dari Abdullah bin Umar ra, Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang bershalawat untuk Nabi
  4. Muhammad saw sekali, maka Allah swt dan malaikatnya akan bershalawat untuknya 70 kali.”
  5. Dalam bershalawat kepada Rasulullah, masih banyak lagi manfaat yang kita dapatkan. Pada umumnya, setelah shalat kita akan berwirid kepada Allah SWT, namun tidak bershalawat kepada Rasulullah.
  6. Maka dari itu, setelah selesai sholat maupun wirid kepada Allah, kita disunnahkan bershalawat kepada Rasulullah SAW untuk mencari ridho. Disamping itu, Rasulullah akan mengenali kita sebagai umatnya yang gemar bershalawat.

Wallahu a’lam bisshawaab

[ind/zed]

Baca Juga:  Syekh Yusri: Tak Semua Orang Yang Alim, Kaya, dan Kuat Selamat di Akhirat

Related Posts

Leave a Comment