Home Seputar Islam Larangan KDRT dalam Islam

Larangan KDRT dalam Islam

by Mahalli Syarqowie

PROGRESIF EDITORIAL- KDRT atau kekerasan dalam rumah tangga, akhir-akhir ini sering tersiar menghiasi layar kaca kita. Mulai dari kalangan artis sampai masyarakat biasa juga tak jarang kita mendengar kasus KDRT. Tidak hanya memihak pada salah satu saja, akan tetapi kasus di Indonesia yang menjadi korban KDRT terbanyak adalah perempuan.

Menurut data dari KemenPPPA, hingga Oktober 2022 sudah ada 18.261 kasus KDRT di seluruh Indonesia, sebanyak 79,5% atau 16.745 korban adalah perempuan.

Selain data tersebut, yang bisa kita soroti dari data dari KemenPPPA itu adalah KDRT juga menimpa laki-laki sebanyak 2.948 menjadi korban. Jadi, laki-laki dan perempuan tidak boleh abai karena masing-masing memiliki resiko menjadi korban KDRT

Kejadian KDRT ini semoga bisa menjadi pelajaran, dan untuk para lelaki, semarah apapun kalian kepada pasangan nya, jangan sampai melakukan kekerasan, apalagi main tangan. Wanita itu di bentak saja sudah shock tidak bisa di bayangkan apalagi Jika di pukul. Dari kejadian teringat Hadist Rasulullah Yang di riwayatkan oleh Ibnu Asakir :

خيركم خيركم لأهله، وأنا خيركم لأهلي، ما أكرم النساء إلا كريم، ولا أهانهن إلا لئيم”. ابن عساكر عن علي.

Sebaik baik Kalian Adalah yg paling Baik terhadap keluarga kalian, Dan saya (Nabi Muhammad) adalah Sebaik Baik terhadap Keluarga ku, tidak lah seorang perempuan di muliakan Kecuali Oleh Lelaki Yang Mulia, dan tidak lah seorang laki² Yang menghina Perempuan kecuali lelaki tersebut adalah lelaki yang Hina

[الصنعاني، التنوير شرح الجامع الصغير، ٣٣/٦]

Dari sini, Kita Bisa tau bahwa memilih pasangan yang faham agama itu penting, dan lelaki jika sudah faham agama akan memuliakan perempuan.

Penulis: Mahalli Syarqowie

Editor: Indah Nur Laeli

Baca Juga:  Puasa Sunnah di Bulan Muharram

Related Posts

Leave a Comment