Home Ragam Punya Teman Sok tahu, Kenali Gejala Efek Dunning Kruger pada temanmu lebih lanjut!

Punya Teman Sok tahu, Kenali Gejala Efek Dunning Kruger pada temanmu lebih lanjut!

by Farrel Dimas Saputra

Salah satu tanda orang-orang berotak cerdas adalah mengetahui banyak hal, itulah yang membuat mereka bisa bertahan dalam persaingan dengan banyak orang dan menjalani berbagai tantangan dalam hidup. Tapi bukan berarti bisa sok cerdas dan sok tahu berbagai hal, jika seperti itu justru sebaliknya.

Apalagi sebuah riset terbaru menjelaskan jika orang yang sok tahu sering merasa berlebihan mengenai pengetahuan mereka. Artinya, mereka sebenarnya tidak mengetahui hal sebanyak itu.

Bahkan, saking sok tahunya mereka, setelah diberitahukan fakta-fakta baru soal politik yang diketahuinya, orang-orang tersebut masih saja mengklaim bahwa pengetahuan mereka masih lebih banyak dan benar dibandingkan orang lain.

Studi Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology membuktikan bahwa orang-orang yang sok tahu justru tidak memiliki otak yang cerdas. Justru sebaliknya, orang yang cerdas akan merasa dirinya tidak mengetahui banyak hal. Orang yang tidak takut mengkritik diri sendiri justru cenderung lebih cerdas.

Dalam dunia ilmu kejiwaan alias psikologi, orang sok tahu di kenal dalam sebuah konsep yang namanya teori Dunning Kruger Effect yang berbicara tentang hubungannya dengan kepribadian seseorang.

Dunning Kruger Effect adalah suatu fenomena psikologi ketika seseorang merasa dirinya punya kemampuan atau pengetahuan yang tinggi padahal tidak sesuai dengan realitanya.

Bisa juga diartikan suatu fenomena saat seseorang keliru menilai kemampuannya. Mereka merasa lebih pintar lebih hebat, lebih paham dan superior. Pada saat yang sama, mereka mungkin menganggap pendapat orang lain bodoh, tak beralasan dan seutuhnya salah. Jadi, orang dengan kondisi ini biasanya menganggap orang lain salah dan tidak lebih pintar darinya. 

Teori Dunning Kruger Effect dikembangkan oleh David Dunning dan Justin Kruger pada tahun 1999, profesor psikologi dari Cornell University. Menurut Profesor David dan Justin, seseorang yang terkena dan mengalami Dunning Kruger Effect dengan ciri-ciri sebagai berikut: cenderung berlebihan menilai tingkat keahliannya, tidak mampu untuk mengenali keahlian diri orang lain, tidak mampu untuk mengenali aspek buruk dari ketidakcakapannya, serta tidak mampu mengenali dan mengakui kekurangan diri sendiri.

Baca Juga:  5 Sajian Takjil Khas Jawa Timur Yang wajib kamu cicipi saat Bulan Ramadhan

Efek negatifnya kalau dibiarkan, informasi keliru yang disebarkan orang ini bisa meresahkan lingkungannya. Orang dengan Dunning Kruger Effect juga tidak suka dikritik karena merasa dirinya benar. Salah satu penyebab terbesar dari Dunning Kruger Effect adalah ego. Tentu, setiap orang tidak mau dianggap tidak memiliki kemampuan, hal ini membuat orang meningkatkan penilaian terhadap dirinya dan mengabaikan kelemahan dirinya.

Jadi, hindari jadi orang yang sok tahu ya. Karena tidak ada salahnya untuk mendengarkan fakta yang diberikan orang lain dan sebagai manusia social sudah sehendaknya kita bersikap toleransi antar pendapat yang satu dengan pendapat yang lainnya.

Related Posts

Leave a Comment