Home Dawuh Kyai Rahasia Sukses 10.000 Jam: Ketekunan KH. Hasyim Asy’ari yang Mengubah Dunia!

Rahasia Sukses 10.000 Jam: Ketekunan KH. Hasyim Asy’ari yang Mengubah Dunia!

by Arundaya Maulana
Ketekunan Berkelanjutan/Freepik

PROGRESIF EDITORIAL – Dalam pencarian untuk menjadi ahli di bidang tertentu, teori 10.000 jam yang diusulkan oleh Malcolm Gladwell dalam bukunya “Outliers” menjadi acuan yang sering kali dibicarakan. Menurut teori ini, seseorang perlu menghabiskan sekitar 10.000 jam berlatih secara intensif dan disengaja untuk mencapai tingkat keahlian dunia. Meskipun angka ini tidak mutlak dan bisa bervariasi tergantung pada individu dan bidang yang ditekuni, konsep dasarnya tetap bahwa dedikasi dan ketekunan jangka panjang sangat penting.

Malcolm Gladwell mengembangkan teorinya berdasarkan penelitian psikolog K. Anders Ericsson, yang mempelajari musisi, atlet, dan profesional lainnya untuk menemukan pola dalam pengembangan keahlian. Studi tersebut menemukan bahwa individu yang mencapai puncak prestasi mereka tidak hanya memiliki bakat alami, tetapi juga menginvestasikan waktu yang signifikan dalam latihan yang terfokus dan disengaja. Latihan ini melibatkan perbaikan terus-menerus dan pengulangan aspek-aspek tertentu dari keterampilan mereka, bukan hanya berlatih secara umum.

Ketekunan merupakan kunci utama dalam mencapai 10.000 jam latihan yang bermakna. Ini berarti menghadapi tantangan, kegagalan, dan rintangan dengan tekad untuk terus maju. Proses ini sering kali penuh dengan kesulitan, tetapi ketekunan memungkinkan individu untuk belajar dari kesalahan, mengadaptasi strategi, dan terus memperbaiki diri.

Dalam konteks ketekunan, penting untuk memahami bahwa motivasi bisa mengalami pasang surut. Ketika seseorang berkomitmen untuk mencapai tujuan jangka panjang, motivasi mungkin menurun pada titik tertentu. Namun, ketekunan membantu menjaga fokus pada tujuan akhir, meskipun ada hambatan sementara. Dalam jangka panjang, ketekunan menciptakan disiplin yang diperlukan untuk melanjutkan latihan yang diperlukan untuk mencapai keahlian.

Latihan yang disengaja adalah komponen penting dari teori 10.000 jam. Ini bukan sekadar berlatih atau bekerja dalam jumlah jam tertentu, tetapi berfokus pada peningkatan aspek spesifik dari keterampilan seseorang. Latihan yang disengaja melibatkan pengaturan tujuan yang jelas, mendapatkan umpan balik, dan melakukan penyesuaian berdasarkan umpan balik tersebut. Tanpa elemen ini, waktu yang dihabiskan untuk berlatih tidak akan efektif.

Related Posts

Leave a Comment