Home Seputar Islam Tugas Malaikat Jibril Setelah Nabi Muhammad Wafat

Tugas Malaikat Jibril Setelah Nabi Muhammad Wafat

by Farrel Endy

Seperti yang kita ketahui bahwa malaikat Jibril merupakan malaikat yang menyampaikan firman Allah SWT kepada nabi Muhammad SAW. Jadi bagaimana tugas malaikat Jibril stelah Nabi Muhammad wafat?

Perlu kita ketahui bahwa malaikat Jibril memiliki banyak tugas selain menyampaikan wahyu kepada para nabi. Malaikat Jibril memiliki tugas yang pertama yaitu menjadi pemimpin malaikat-malaikat untuk turun ke bumi, tugas ini dilakukan selama 1 tahun sekali yang lebih tepatnya pada mala Lailatul Qadar di bulan Ramadhan. Pada bulan itulah para malaikat turun kebumi untuk memberikan keselamatan dan Kesehatan

Yang kedua memenuhi dan menahan hajat berdoa. Hal ini sebagai Riwayat dari imam Al-Baihaqi dari Tsabit, dia berkata,

لَغَنَا أَنَّ اللهَ تَعَالَى وَكَّلَ جِبْرِيلَ عَلَيْهِ السَّلَامُ بِحَوائِجِ النَّاسِ، فَإِذَا سَأَلَ الْمُؤْمِنُ ، قَالَ يَا جِبْرِيلُ: احْبِسَ حَاجَتَهُ فَإِنِّي اُحِبُّ لِدُعَائِهِ، وَإِذَا دَعَا الْكَافِر، قَالَ يَا جِبْرِيلُ أَقْضِ حَاجَتَهُ فَإِنِّي أُبْغِضُ دُعَائَهُ

“Telah sampai kepadaku bahwa Allah Swt mendelegasikan Malaikat Jibril dalam urusan memenuhi hajat hidup manusia. Apabila seorang mukmin berdoa, maka Allah pun berkata kepada Jibril; Wahai Jibril, tahan dulu untuk memenuhi hajatnya karena Aku sungguh sangat senang mendengar lantunan doanya. Apabila orang kafir berdoa, Allah pun berkata kepadanya; Wahai Jibril, penuhi apa yang menjadi hajatnya karena sesungguhnya Aku tidak suka mendengar lantunan doanya.”

Yang ketiga mendampingi orang yang sakaratul maut. Saat seseorang mengalami sakaratul maut dan dalamkondisi suci, maka orang malaikat Jibril akan turun ke sisi oragn tersebut. Kemudian malaikat Jibril akan diberik tugas oleh Allas SWT untuk memberi Rahmat dan kemudahan bagi orang sedang sekarat.

Hal ini sudah dijelaskan oleh imam Nawawi pada kitab Nuruzh Zhalam. Dia menjelaskan,

قال الجلال السيوطي وإنه يحضر موت من يموت على وضوء

“Imam Jalaluddin Al-Suyuthi berkata bahwa Malaikat Jibril menghadiri kematian seseorang yang meninggal dalam keadaan punya wudhu.”

Baca Juga:  Menelan Sisa Makanan di Mulut Saat Shalat

Related Posts

Leave a Comment