Home Ragam 5 Sajian Takjil Khas Jawa Timur Yang wajib kamu cicipi saat Bulan Ramadhan

5 Sajian Takjil Khas Jawa Timur Yang wajib kamu cicipi saat Bulan Ramadhan

by Farrel Dimas Saputra

Ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu umat Islam di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Ramadhan selalu memberikan suasana yang membuat rindu bagi umat Muslim.

Di Indonesia, masyarakat di setiap daerah punya cara tersendiri untuk memeriahkan bulan yang suci ini. Satu di antaranya dalam hal kuliner. Ada berbagai kuliner khas Ramadhan yang hanya bisa dijumpai di daerah tertentu.

Beberapa kuliner khas daerah ini hanya muncul ketika bulan Ramadhan tiba. Makanan tersebut sering jadi incaran untuk menu buka puasa atau takjil. Bahkan, tidak sedikit orang yang rela meluangkan waktunya hanya untuk berburu makanan khas Ramadhan dari suatu daerah tertentu.

Hal itu karena makanan-makanan khas tersebut sulit dijumpai di luar bulan Ramadhan. Ada beberapa macam kuliner khas Ramadhan dari berbagai daerah yang perlu diketahui dan dicoba.

Berikut Kami sajikan 5 Kuliner Khas Jawa Timur yang wajib kamu cicipi saat bulan Ramadhan :

  1. BONGKO KOPYOR

Bongko kopyor merupakan kuliner khas dari Gresik. Kuliner yang sering hadir sebagai takjil di bulan Ramadan ini berbahan dasar tepung beras dengan isian pisang.

Takjil yang satu ini mirip bubur sumsum. Bongko kopyor terdiri dari santan, kelapa muda, nangka, bubur mutiara dan juga roti.

Bongko kopyor hanya mudah dijumpai di bulan Ramadan. Rasanya yang manis cocok banget untuk berbuka setelah seharian berpuasa.

2. KLANTING

Di Jawa Timur, klanting merupakan makanan manis yang menyerupai cenil. Klanting umumnya berwarna hijau, merah dan kuning dengan tekstur kenyal.

Jajanan ini terbuat dari tepung singkong atau tepung jagung. Teksturnya mirip dengan agar-agar.

Saat Ramadan, klanting menjadi jajanan yang sering diburu masyarakat jatim. Klanting disajikan dengan taburan gula merah dan parutan kelapa. Ini termasuk makanan tradisional yang murah dan enak.
3. KLEPON

Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan  khas jawa Timur satu ini biasanya identik dengan bentuknya yang mungil dan warna hijaunya yang segar dipandang.

Selain enak dipandang, makanan klepon ini juga sangat cocok jika dimakan sebagai takjil pada Ramadhan. Biasanya sajian klepon berbentuk seperti bola yang dibalut dengan kelapa dengan isian gula merah di dalamnya.

Baca Juga:  Mengenal lebih dekat KH Muhammad Shiddiq

4. KOLAK

Semua pasti setuju jika hidangan ini paling identik dengan bulan Ramadan. Kolak merupakan perpaduan antara pisang kepok dan ubi yang direbus dengan campuran kuah santan, gula merah, cengkeh, dan daun pandan. Perpaduan kuah ini akan memberikan rasa manis dan gurih yang lezat di lidah.

Selain buah pisang, kolak biji salak juga kerap kita temui saat bulan Ramadan. Kolak biji salak terbuat dari ubi jalar yang dibentuk bulat, lalu dicampur dengan tepung tapioka. Meski saat ini sudah dapat ditemui di mana saja, namun kolak sejatinya berasal dari Sumatera Barat.

5. KUE LUMPUR

Dikenal sebagai makanan khas Indonesia, tahu nggak sih, kalau kue lumpur berasal dari Portugis? Dilansir dari merdeka.com, bangsa Portugis telah membawa resepnya ke Indonesia. Aslinya kue ini terbuat dari custard, susu, dan keju.

Kemudian dibuat dengan bahan-bahan yang menyesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Ada yang terbuat dari campuran pisang, kentang, ubi, dan masih banyak lagi. Rasanya yang dominan manis membuat kue lumpur kerap dijadikan takjil berbuka puasa.

Nah itu saja 5 Takjil Khas Jawa Timur yang wajib kalian cicipi Saat Bulan Ramadhan. Semoga Di Bulan Ramadhan kita mendapatkan kenikmatan berpuasa.

Aminn Ya rabbal Alamin

Related Posts

Leave a Comment