Home Ragam 6 Manfaat Buah Tin, Buah yang dijadikan Nama Salah satu ayat Al-qur’an

6 Manfaat Buah Tin, Buah yang dijadikan Nama Salah satu ayat Al-qur’an

by Farrel Dimas Saputra

PROGRESIF EDITORIAL– Buah tin (Ficus carica) merupakan buah yang mungkin sudah tidak asing bagi beberapa umat muslim. Buah tin merupakan salah satu nama surat dalam Al-Qur’an yaitu surat At-Tin. 

Dari situs Kebun Raya Cibodas, buah tin termasuk dalam tanaman subtropis. Nama “Tin” berasal dari bahasa Arab. Tetapi, masyarakat umumnya mengenal dengan nama ara atau buah ara. Dalam bahasa Inggris, buah tin disebut dengan fig.
Buah tin atau buah ara (Ficus carica) biasanya tumbuh di wilayah tropis atau subtropis, terutama di negara-negara Timur Tengah dan Mediterania. Buah ini memiliki bentuk menyerupai tetesan air mata dengan kulit berwarna hijau atau ungu.

Menurut situs Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), pohon tin dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 10 m. Batangnya bergetah dan daun berwarna hijau agak tebal dan umumnya bergerigi pada bagian pinggirnya. Tiap daun pohon tin mempunyai 3-7 cuping. Buah mudanya berwarna hijau dan akan matang seiring waktu.

Daging buah tin berwarna merah muda dengan ratusan biji kecil yang menghasilkan tekstur renyah. Buah ini bisa Anda nikmati dengan berbagai cara, mulai dari dimakan langsung, dikeringkan, dijus, hingga diambil ekstraknya.

Pohon tin sangat banyak dibudidayakan karena mudah beradaptasi pada tanah dan iklim setempat menurut Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Kondisi ideal untuk pohon tin adalah total hujan 500-550 mm dengan kelembapan udara rendah 40-45% selama musim kering dan suhu 18°–20°C.

Tapi Tahukah Kamu, Bahwa Buah Yang menjadi nama Salah satu ayat pada kitab suci al-qur’an ini, ternyata memiliki segudang manfaat loh. Berikut manfaat-manfaat yang bisa kita dapatkan dari buah tin :

Baca Juga:  Waktu Sahur yang Tepat, dan Dianjurkan Rasulullah SAW

Related Posts

Leave a Comment