Home Berita Penantian 12 Tahun, Indonesia 8 Besar Piala Asia U-23, Lawan Korea dini hari ini!

Penantian 12 Tahun, Indonesia 8 Besar Piala Asia U-23, Lawan Korea dini hari ini!

by Aqila Nur Rahmalia
AFC U23 Asian Cup/ArabNews

PROGRESIF EDITORIAL – Piala Asia U-23 adalah turnamen sepak bola yang diadakan setiap dua tahun sekali oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) untuk tim nasional dari negara-negara Asia di bawah usia 23 tahun. Piala Asia U-23 dianggap sebagai acara penting dalam pengembangan bakat sepak bola Asia karena memberikan kesempatan bagi pemain muda untuk berkompetisi di tingkat yang lebih tinggi dan mendapatkan visibilitas yang luas. Piala Asia U-23 juga memberi pelatih dan pengamat kesempatan untuk melihat bakat masa depan sepak bola Asia. Piala Asia U-23 seringkali berfungsi sebagai jalur kualifikasi untuk turnamen sepak bola seperti olimpiade dan piala dunia.

Indonesia telah diperkenalkan di Piala AFC U-23 pada tahun 2012, akan tetapi belum pernah sekalipun berhasil melewati babak kualifikasi. Timnas Indonesia baru berhasil debut di Piala AFC U-23 pada tahun 2024 setelah menjadi juara Grup-K pada kualifikasi.

TahunPerjalanan Indonesia Piala AFC U-23
2012Peringkat 2 Grup Babak Kualifikasi
2015Peringkat 3 Grup Babak Kualifikasi
2017Peringkat 3 Grup Babak Kualifikasi
2019Peringkat 3 Grup Babak Kualifikasi
2021Peringkat 3 Grup Babak Kualifikasi
2024Juara Grup K Babak Kualifikasi, Runner-Up Grup A dan masuk Perempat Final
Sumber : PSSI Official

Permainan Indonesia pada Piala AFC kali ini menarik perhatian. Sebagai negara yang baru lolos kualifikasi, pencapaian Indonesia telah mencatatkan sejarah. Di awal pertandingan Grup-A walau kalah melawan Qatar, Indonesia berhasil menahan skor di 0-1. Selanjutnya Indonesia berhasil melawan Australia dengan skor tipis 1-0. Prestasi Indonesia yang paling menonjol saat ini adalah kemenangannya melawan Yordania dengan skor 4-1. Dengan kemenangan ini serta permainan yang stabil selama babak grup, Indonesia berhasil menjadi terbaik kedua Grup A setelah Korea Selatan.

Pada sesi semi final Timnas Indonesia akan berlaga melawan Korea Selatan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar. Pertandingan ini terpantau menarik banyak peminat, dilansir situs tiketing Asian Cup AFC U-23 2024, laga Indonesia-Korea telah habis terjual. Selain itu seperti yang diketahui pelatih Timnas Indonesia saat ini adalah Shin Tae Yong (STY) yang merupakan mantan Pelatih Timnas Korsel saat berlaga di Piala Dunia tahun 2018 silam.

Baca Juga:  Kenali Hukum Menganiaya Anak dalam Islam

Sejak bergabung sebagai pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong berhasil meningkatkan peringkat Indonesia dari 178 ke 132 dunia, dan telah menjadi 3 terbaik se-ASEAN. Pertandingan malam ini menjadi pertaruhan STY untuk membuktikan keberhasilan karir kepelatihannya. Dikabarkan pula bahwa PSSI resmi memperpanjang kontrak STY hingga tahun 2027 dengan target yang lebih jauh yaitu kesiapan Timnas untuk masuk Olimpiade

Pertandingan ini akan dilaksanakan pada Jumat, 26 April 2024 pukul 00.30 WIB yang akan ditayangkan secara resmi di RCTI, sedangkan untuk paltform online anda dapat menyaksikan melalui Youtube AFC Asian Cup, Vision+ dan Video. Jangan lewatkan dan dukung Timnas Garuda malam ini!

Related Posts

Leave a Comment