Home Seputar Islam Bulan Ramadhan, Bulan yang Penuh dengan Keistimewaan dan Keberkahan

Bulan Ramadhan, Bulan yang Penuh dengan Keistimewaan dan Keberkahan

by Farrel Endy

PROGRESIF EDITORIAL– Bulan Ramadhan merupakan bulang yang sangat diistimewakan oleh Allah SWT, karena bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat mustajab doa seseorang terkabulkan. Pada bulan inilah banyak umat muslim berlomba-lomba untuk memperbanyak amal ibadahnya.

Bulan Ramadhan sudah dijelaskan dari beberapa ayat Al-Qur’an dan hadis yang menjelaskan bahwa bulan yang dimana dibukakan pintu-pintu surga, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelunggu, seperti sabda Rasulullah SAW:

ذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةُ وَ غُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَ صُفِّدَتِ الشَّيَاطِيْنُ

“Apabila datang bulan Ramadhan maka dibukalah pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka,dan setan-setan diikat (dibelenggu).” (HR. Bukhari dan Muslim)

Bulan Ramadhan juga merupakan salah satu bulan yang sangat mustajab untuk berdoa, seperti sabda Rasulullah SAW:

لِكُلِّ مُسْلِمٍ دَعْوَةٌ مُسْتَجَابَةٌ يَدْعُوْ بِهَا فِيْ رَمَضَانَ

“Setiap muslim memiliki doa yang mustajab (terkabulkan) yang ia berdoa dengannya pada bulan Ramadhan.” (HR. Ahmad)

ثَلاَثٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمْ : الصَّائِمُ حِيْنَ يُفْطِرُ وَ اْلإِمَامُ الْعَادِلُ وَ دَعْوَةُ المَظْلُوْمِ

“Tiga hal yang tidak tertolak doa mereka : orang yang puasa ketika berbuka, imam (pemimpin) yang adil, doa orang yang terdzolimi.” (HR. Ahmad)

Terdapat beberapa kejadian istimewan saat dibulan Ramadhan yakni diantaranya peristiwa perang badar dan pembebasan kota Mekkah yang sehingga banyak orang yang sangat inga tatas peristiwa tersebut saat bulan Ramadhan beranjak.

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat dimuliakan oleh Allah SWT, karena yang sudah dijelaskan diatas bahwa pintu surga dibuka oleh Allaw SWT yang mempermudah kit mencari amal ibadah yang baik sehingga pahala yang kita peroleh berlimpah.

Baca Juga:  Bagaimana Hukum Mengirim Hadiah Al Fatihah kepada Nabi Muhammad?

Related Posts

Leave a Comment