Home Ragam Cara Mengatasi Tekanan Mental Ala Islam

Cara Mengatasi Tekanan Mental Ala Islam

by Indah Nur Laeli

PROGRESIF EDITORIAL– Baru-baru ini, banyak sekali peristiwa bunuh diri yang terjadi di Indonesia. Lalu apa penyebabnya? banyak sekali alasan yang tidak diketahui dibalik perilaku bunuh diri tersebut. Hal yang paling sering dibahas ketika muncul peristiwa bunuh diri, tekanan mental yang tidak dikelola kurang tepat oleh tiap individu. Tekanan mental adalah tantangan universal yang dapat memengaruhi kesejahteraan seseorang. Dalam Islam, terdapat pedoman dan nilai-nilai yang dapat membantu seseorang mengatasi tekanan mental. Berikut adalah beberapa prinsip dalam Islam yang dapat menjadi panduan untuk mengelola dan mengurangi tekanan mental.

Pertama, tawakal kepada Allah. Islam mengajarkan untuk meletakkan kepercayaan penuh kepada Allah dalam setiap aspek kehidupan. Tawakal ini mencakup kesadaran bahwa segala sesuatu yang terjadi adalah bagian dari kehendak Allah. Dengan memahami ini, seseorang dapat meredakan kekhawatiran dan kecemasan yang mungkin muncul dalam pikiran.

Kedua, berdoa dan berdzikir. Islam mendorong umatnya untuk berkomunikasi secara aktif dengan Allah melalui doa dan dzikir. Berdoa dapat menjadi sarana untuk melepaskan beban hati dan mencari pertolongan dari Sang Pencipta. Dzikir, atau mengingat Allah secara terus-menerus, dapat membantu menenangkan pikiran dan hati.

Ketiga, menjaga keseimbangan hidup. Islam mengajarkan konsep keseimbangan dalam kehidupan. Rasulullah Muhammad SAW bersabda, “Janganlah ada berlebihan dalam agama kalian, karena sesungguhnya orang-orang sebelum kalian binasa karena berlebihan dalam agama mereka.” Menjaga keseimbangan antara ibadah, pekerjaan, dan kehidupan sosial dapat membantu menghindari tekanan mental yang disebabkan oleh ketidakseimbangan.

Keempat, tolong-menolong dan solidaritas sosial. Islam mendorong umatnya untuk saling membantu dan menunjukkan kasih sayang terhadap sesama. Berbagi beban dengan orang lain, baik melalui dukungan emosional atau bantuan praktis, dapat membantu mengurangi tekanan mental.

Kelima, berpikir positif dan bersyukur. Islam mengajarkan pentingnya bersyukur terhadap segala nikmat yang diberikan Allah. Dengan fokus pada hal-hal positif dalam hidup dan bersyukur atas setiap anugerah, seseorang dapat membentuk pola pikir yang lebih positif dan mengurangi tekanan mental.

Baca Juga:  3 Negara dengan Jumlah Masjid Terbanyak, Ada Indonesia Loh!

Dalam menghadapi tekanan mental, Islam memberikan pedoman yang mencakup dimensi spiritual, emosional, dan sosial. Dengan menerapkan nilai-nilai ini, seseorang dapat mengembangkan ketahanan mental yang kuat dan mengatasi berbagai tantangan kehidupan.

Related Posts

Leave a Comment