Home Ragam Filososfi Kopi Menurut Para Ulama

Filososfi Kopi Menurut Para Ulama

by Mahalli Syarqowie

PROGRESIF EDITORIAL– Kebiasaan minum kopi kerap menjadi kebiasaan bagi kebanyakan orang. Ada yang membutuhkan kopi sebelum mulai bekerja, minum es kopi di siang hari saat istirahat, atau di sore hari. Selain memiliki manfaat dalam menyegarkan tubuh dan sebagai relaksasi, ternyata kopi merupakan minuman yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Bahkan, beliau juga memberikan doa khusus bagi mereka para peminum kopi. Kira-kira bagaimana asal-usul kopi menurut pandangan Islam?

Banyak Di antara ulama yang saya temukan komentarnya dalam kajian saya seperti yang dikutip oleh Al Allamah Abdul Qodir Bin Muhammad Al Jaziry Dalam kitabnya Umdatus Shofwah fi Hukmil Qohwah, banyak ulama yang berfatwa mengenai hukum kebolehan meminum kopi seperti Syidi Syeh Zakariya Al anshori, Syidi Syeh Abdurrohman Bin Ziyad , Syidi Syeh Zarruq Al Maliki Al Maghribi, Syidi Syeh Abu Bakr bin Salim Attarimi, dan Syidi Syeh Abdulloh Al Haddad.

Nama-nama yang telah disebut di atas merupakan tokoh tokoh besar sufi. Tidak hanya berfatwa bahkan banyak juga ulama yang telah mengarang kitab yang isinya membahas Khusus mengenai hukum kopi dan faidah Meminum kopi, diantaranya Sayyid Al Allamah Abdurrohman bin Muhammad Al Aidrus dalam Risalah Inusi as-Shofwah bi Anfusi al-Qohwah, juga Al Imam Al Faqih Syeh Bamakhromah mengarang syair tentang kopi yang Syairnya di komentari oleh banyak ulama dari Indonesia juga ada Al-Allamah Syeh Ikhsan Jampes Kediri dalam kitabnya Irsyadul Ikhwan fi Syurbil Qohwah wa Addukhon, juga Syeh abdul Qodir Bin Syekh dalam kitab Shofwatu As Shofwah fi Bayan hukmil Qohwah. Juga dijelaskan dalam kitab Tarikh Ibnu Toyyib mengenai keutamaan Kopi. dan banyak lagi ulama yang menjelaskan tentang kopi.

Baca Juga:  Ini Kandungan dan Manfaat Ikan Salmon yang dapat Membuat Tubuh Sehat

Related Posts

Leave a Comment