Home Seputar Islam Inilah Keistimewaan Bulan Rajab, Bulan Penuh Kemuliaan

Inilah Keistimewaan Bulan Rajab, Bulan Penuh Kemuliaan

by Farrel Dimas Saputra

PROGRESIF EDITORIAL– Tidak terasa umat islam sudah kembali memasuki bulan istimewa penuh kemuliaan yakni Bulan Rajab. Entah disadari atau tidak, perjalanan hidup serasa semakin cepat. Tiba-tiba saja kita bertambah tua. Tiba-tiba saja kita menapaki kembali bulan Rajab. Tiba-tiba saja kita akan menghadapi bulan Sya’ban lalu bulan suci Ramadlan. 

Bulan Rajab adalah salah satu bulan istimewa. Dalam kitab I‘anatut Thalibin dijelaskan bahwa “Rajab” merupakan derivasi dari kata “tarjib” yang berarti mengagungkan atau memuliakan. 

Masyarakat Arab zaman dahulu memuliakan Rajab melebihi bulan lainnya. Rajab biasa juga disebut “Al-Ashabb” (الأصب) yang berarti “yang mengucur” atau “menetes”. Dijuluki demikian karena derasnya tetesan kebaikan pada bulan ini. Bulan Rajab bisa juga dikenal dengan sebutan “Al-Ashamm” (الأصم) atau “yang tuli”, karena tidak terdengar gemerincing senjata pasukan perang pada bulan ini.

Julukan lain untuk bulan Rajab adalah “Rajam” (رجم) yang berarti melempar. Dinamakan demikian karena musuh dan setan-setan pada bulan ini dikutuk dan dilempari sehingga mereka tidak jadi menyakiti para wali dan orang-orang shalih. 

Baca Juga:  Sejarah dan Niat Shalat Tarawih

Related Posts

Leave a Comment