Home Berita Mengenal Sejarah Konflik Palestina dan Israel

Mengenal Sejarah Konflik Palestina dan Israel

by Indah Nur Laeli

PROGRESIF EDITORIAL– Konflik Israel-Palestina telah merenggut puluhan ribu nyawa dan membuat jutaan orang mengungsi dan berakar pada tindakan kolonialisme yang dilakukan lebih dari satu abad yang lalu. Dengan Israel mendeklarasikan perang di Jalur Gaza setelah serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh kelompok bersenjata Palestina, Hamas, pada hari Sabtu, mata dunia kembali terfokus pada apa yang akan terjadi selanjutnya.

Para pejuang Hamas telah menewaskan lebih dari 800 warga Israel dalam serangan-serangan di beberapa kota di Israel selatan. Sebagai tanggapan, Israel telah meluncurkan kampanye pengeboman di Jalur Gaza, menewaskan lebih dari 500 warga Palestina. Israel telah mengerahkan pasukan di sepanjang perbatasan Gaza, tampaknya sebagai persiapan untuk serangan darat. Dan pada hari Senin, Israel mengumumkan “blokade total” Jalur Gaza, menghentikan pasokan makanan, bahan bakar, dan komoditas penting lainnya ke daerah kantong yang sudah terkepung itu, dalam sebuah tindakan yang menurut hukum internasional dianggap sebagai kejahatan perang.

Namun, apa yang terjadi dalam beberapa hari dan minggu ke depan memiliki benih dalam sejarah. Selama beberapa dekade, media Barat, akademisi, pakar militer dan para pemimpin dunia menggambarkan konflik Israel-Palestina sebagai konflik yang sulit dipecahkan, rumit dan menemui jalan buntu.

Berikut ini adalah panduan sederhana untuk menguraikan salah satu konflik terpanjang di dunia:

Baca Juga:  Gus Ali : Irjen Nico Afinta dekat dengan Rakyat

Related Posts

Leave a Comment