Home Berita Momen Peringatan HSN 2023, Pesantren Bumi Shalawat ajak Santri untuk siap hadapi Era Smart Society 5.0

Momen Peringatan HSN 2023, Pesantren Bumi Shalawat ajak Santri untuk siap hadapi Era Smart Society 5.0

by Aqila Nur Rahmalia

Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober pada setiap tahunnya. Tahun ini, Kementerian Agama (6/10) resmi mengangkat tema  “Jihad Santri Jayakan Negeri” sebagai ajakan bagi para santri untuk berjihad intelektual di era transformasi digital. Santri telah menjadi salah satu pilar penting dalam pergerakan kemajuan negara sejak awal kemerdekaan, kini Semangat pergerakan santri di era modern bergeser pada konteks perkembangan teknologi yang lebih advanced.  Selaras dengan semangat itu,  Pesantren Progresif Bumi Shalawat menyelenggarakan rangkaian kegiatan dengan tema besar “Tantangan Santri menghadapi Era Smart Society 5.0” 

Smart Society 5.0 mengacu pada masyarakat yang terhubung secara digital dan berfokus pada pemanfaatan teknologi canggih seperti kecerdasan buatan (AI), Internet of Things (IoT), dan berbagai inovasi digital lainnya untuk meningkatkan kualitas hidup. Santri sebagai generasi muda perlu melakukan adaptasi yang baik dengan perubahan kedepan, tantangan yang akan dihadapi oleh santri kedepan tidak melulu berhubungan dengan persoalan pendidikan namun akan lebih kompleks melibatkan berbagai aspek baik ilmu pengetahuan, etika, moral dan nilai keagamaan. Melalui rangkaian kegiatan peringatan HSN ini Pesantren Bumi Shalawat ingin melahirkan insan yang kokoh spiritual dan mapan intelektual yang siap menghadapi era smart society 5.0. Peringatan HSN tahun ini menjadi lebih bermakna karena dilaksanakan pada transisi perubahan masyarakat  ini. 

Rangkaian kegiatan diawali dengan dibukanya kompetisi bagi pelajar dan umum di beberapa bidang dengan total hadiah jutaan rupiah. Progresif Digital Media didukung oleh ANTARA Jatim menyelenggarakan Kompetisi Foto, Artikel Opini dan Film Pendek yang ditutup pada tanggal 31 Oktober 2023. Persyaratan dan ketentuan pada masing – masing kategori lebih lengkap dimuat pada instagram resmi @progresiftv dan @progresifeditorial. Sedangkan untuk persyaratan umum semua kategori adalah sebagai berikut:

  1. Kompetisi Terbuka untuk masyarakat umum, mahasiswa/pelajar,  penggiat media.
  2. Peserta wajib mem-follow akun resmi Instagram Progresif TV, Progresif Editorial dan Antara Jatim.
  3. Karya Kompetisi WAJIB memenuhi keselasarasan dengan tema yang ditentukan.
  4. Karya Kompetisi tidak mengandung SARA dan pornografi 
  5. Karya merupakan hasil original peserta, serta belum pernah diikutsertakan dalam Kompetisi sejenis.
  6. Keputusan Dewan Juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
  7. Semua karya yang telah diikutsertakan dalam kompetisi ini akan sepenuhnya menjadi hak milik Panitia.
Baca Juga:  Mansa Musa, Orang terkaya Sepanjang Masa melebihi Elon Musk

Selanjutnya Acara Puncak Perayaan HSN 2023 dilaksanakan di sekirar Area Pesantren Bumi Shalawat pada tanggal 21 Oktober 2023 pukul 18.30 WIB. Dalam rangka untuk menumbuhkan kesadaran mengenai pentingnya isu sosial dan lingkungan kemasyarakatan santri, akan dilaksanakan Pawai Santri dengan menampillkan kostum kreatif daur ulang. Melalui pawai ini, Para Santri akan mensosialisasikan berbagai isu strategis, yakni peningkatan Digital Literacy, jaga Flora dan Fauna dan Stop Global Boiling. Kegiatan ini rencananya akan diikuti oleh kurang lebih 6000 orang yang terdiri dari santri, guru serta elemen masyarakat sekitar Pesantren. Informasi lebih lanjut terkait pelaksanaan rangkaian kegiatan HSN Pesantren Bumi Shalawat dapat menghubungi Aqila (0877 3548 80669)

Related Posts

Leave a Comment