Home Tokoh Tingkah Abu Nawas Sampai Membuat Khalifah Tertawa, Kok Bisa?

Tingkah Abu Nawas Sampai Membuat Khalifah Tertawa, Kok Bisa?

by Farrel Dimas Saputra

Dewasa ini siapa yang tidak kenal dengan Abu Nawas? Penyair Persia-Arab yang hidup di Baghdad pada masa kekhalifahan Harun Ar-Rasyid.

Tidak jarang tingkah Abu Nawas dapat membuat Khalifah Harun Ar-Rasyid tertawa. Meski pujangga cerdas nan cerdik ini kerap disapa dengan nama Abu Nawas, namun ternyata itu bukanlah nama aslinya.

Mengutip dari buku Abu Nawas Sufi dan Penyair Ulung yang Jenaka susunan Muhammad Ali Fakih, karena rambutnya yang ikal dan panjang sebahu ia mendapat julukan Abu Nawas, nama lengkapnya adalah Abu Ali al-Hasan bin Hani’ al-Hakami.

Banyak perbedaan pendapat terkait tahun lahir Abu Nawas. Diketahui Abu Nawas lahir di provinsi Ahwaz sekitar Khuzistan, barat daya Persia tahun 757 M.

Disebutkan dalam buku Kisah Lucu Kecerdikan Abu Nawas yang ditulis oleh Sukma Hadi Wiyanto, Abu Nawas bekerja membantu pamannya sebagai pembuat minyak wangi ketika beranjak dewasa.

Abu Nawas terkenal sebagai murid yang cerdik dan antusias dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan. Ia sering pergi ke masjid untuk belajar berbagai ilmu agama dan pengetahuan lain, seperti syair, fiqih, dan ilmu hadits seusai bekerja.

Suatu hari, Abu Nawas bertemu dengan seorang  pujangga  sekaligus  ahli sastra terkenal Abu Usamah, karena sangat terpesona dengan kemampuan Abu Nawas membuat syair akhirnya ia diajarkan berbagai ilmu mengenai syair.

Kala itu, Abu Nawas merupakan seorang staf ahli dari Khalifah Harun Al-Rasyid, Abu Nawas dikenal sebagai sosok yang jenaka dan cerdas. Memang banyak cerita menarik tentangnya, salah satunya mencari neraka di siang hari.

Baca Juga:  Sultan Agung Dari Mataram, Pembawa Kejayaan Mataram

Related Posts

Leave a Comment