Home Tokoh Ibnu Batutah, Sang Pengarung Samudera Muslim Asal Maroko

Ibnu Batutah, Sang Pengarung Samudera Muslim Asal Maroko

by Farrel Dimas Saputra

PROGRESIF EDITORIAL– Ibnu Batutah atau Muhammad bin Batutah yang bernama lengkap Abu Abdullah Muhammad bin Abdullah Al-Lawati At-Tanji bin Batutah adalah seorang alim (cendekiawan) Maroko yang pernah berkelana ke berbagai pelosok dunia pada Abad Pertengahan. Ia dilahirkan pada 24 Februari 1304 M di Kota Tangier.

Ia bekerja sebagai qadi, hakim untuk sultan dan kaisar, perjalanannya adalah percampuran ibadah, bisnis, petualangan, dan mengejar ilmu. Dia kembali ke kota asalnya tiga dekade kemudian dan menceritakan kisah tentang negeri yang jauh dan eksotis yang telah dia pijak.

Dalam jangka waktu tiga puluh tahun, Ibnu Batutah menjelajahi sebagian besar Dunia Islam dan banyak negeri non-Muslim, termasuk Afrika UtaraTanduk AfrikaAfrika BaratTimur TengahAsia TengahAsia TenggaraAsia Selatan, dan Tiongkok.

Pada tahun 1325 M, ketika berusia 21 tahun, dia meninggalkan kampung halamannya menuju Mekkah, untuk menunaikan ibadah Haji. Selain itu, ia juga pergi berkelana untuk mempelajari Islam lebih dalam lagi. Selama 29 tahun, Ibnu Battutah telah berkelana ke lebih dari 40 negara. Kisah-kisah perjalanannya itu kemudian ditulis menjadi sebuah buku berjudul Rihla.

Dalam buku Rihlah, yang berisi kisah perjalanan dan ditulis oleh Ibnu Batutta, disebutkan bahwa ia telah mengikuti kuliah dan menerima ijazah dengan lebih dari 14 guru yang berbeda-beda.

Dikutip dari buku Rihla, Ibu Battutah pergi pertama kali untuk menunaikan ibadah haji. Dalam Rihla, ia menggambarkan ia pergi berkelana, sendirian. “Aku memulai perjalanan itu sendirian, tanpa ada rekan musafir yang menemani perjalanan, atau karavan pedagang tempat aku bisa menemukan keceriaan,” tulis Ibnu Battutah saat menggambarkan kisah awal mula perjalanannya dalam Rihla. “Namun dalam diriku bersemayam gejolak dan hasrat luar biasa, yang mendorongku untuk terus berjalan menuju Tanah Suci,” tulis dia. 

Semoga Tulisan ini dapat menambah wawasan anda tentang tokoh-tokoh Muslim, Sekian terima kasih wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Editor: Indah Nurlaeli

Baca Juga:  Mbah Sambu, Leluhur Para Pendiri Nahdlatul Ulama

Related Posts

Leave a Comment