Home Seputar Islam Proses Terjadinya Gerhana Bulan

Proses Terjadinya Gerhana Bulan

by Farrel Endy

PROGRESIF EDITORIAL– Gerhana bulan merupakan suatu fenomena yang sangat menakjubkan di dunia, karena gerhana bulan ini jaranglah terjadi, terjadinya fenomena ini diperkirakan beberapa tahun sekali.

Lama terjadinya gerhana bulan ini selama hampir 1,5 jam dengan durasi umbra yang lebih lama.

Terjadinya gerhana bulan ini dikarenakan ketika konfigurasi antara bulan, bumi, dan matahari membentuk garis lurus, selain itu juga, bulan berada di dekat titik simpul orbit bulan, yakni perpotongan antara ekliptikan dengan orbit bulan. Selain itu juga, bulan berada di dekat titik simpul orbit bulan, yakni perpotongan antara ekliptikan dengan orbit bulan.

Gerhana bulan total terjadi saat fase bulan purnama. Namun, tidak semua fase tersebut terjadinya gerhana bulan total. Pada puncaknya gerhana bulan total, bulan akan terlihat berwarna kemerahan. Hal ini dikarenakan oleh mekanisme Rayleigh yang terjadi pada atmosfer bumi. Hamburan Rayleigh adalah pembiasaan sinar matahari secara efektif oleh atmosfer bumi

Hamburan Rayleigh yang terjadi Ketika gerhana bulan sama seperti mekanisme matahari maupun bulan tampak berwarna kemerahan saat berada di ufuk rendah dan langit yang memiliki rona jingga Ketika matahari terbit maupun terbenam

Spektrum dengan panjang gelombang lebih pendek seperti ungu, biru, dan hijau yang dihamburkan ke angkasa lepas, sedangkan spektrum panjang gelombang lebih tinggi  seperti warna merah, jingga dan kuning.

Inilah yang menyebabkan gerhana bulan berubah menjadi warna kemerahan

Dampak Terjadinya gerhana bulan bagi kehidupan manusia adalah pasang air laut akan tinggi dari hari-hari biasanya.

Editor: Indah Nur Laeli

Baca Juga:  Sungguh Mulia! Inilah Ciri Fisik Nabi Muhammad SAW

Related Posts

Leave a Comment