Home Dawuh Kyai Waktu Adalah Kehidupan: Rahasia Sukses Menurut Pandangan Islam yang Harus Anda Tahu!

Waktu Adalah Kehidupan: Rahasia Sukses Menurut Pandangan Islam yang Harus Anda Tahu!

by Arundaya Maulana
Pentingnya Waktu/Freepik

PROGRESIF EDITORIAL – Dalam pandangan Islam, waktu memiliki nilai yang sangat penting dan dianggap sebagai salah satu nikmat terbesar yang diberikan oleh Allah SWT kepada manusia. Al-Quran dan hadis Nabi Muhammad SAW sering menekankan pentingnya waktu dan bagaimana seorang Muslim seharusnya menggunakannya dengan bijak dan produktif.

Dawuh beliau K.H. Agoes Ali Masyhuri : 

“Wajib bagi kita untuk mengetahui mulianya waktu, jangan menyia-nyiakan setiap detiknya kecuali mengingat kepada Allah SWT.”

Dari dawuh beliau para jamaah dapat mengambil pelajaran berharga bahwa tidak ada waktu yang sia-sia ketika seorang hamba beribadah kepada tuhannya.

Pentingnya Waktu dalam Al-Quran

Al-Quran menyebutkan waktu dalam berbagai konteks, menekankan betapa berharganya setiap momen yang kita miliki. Salah satu ayat yang paling terkenal adalah Surah Al-Asr (103:1-3) :

 “Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasehati untuk kesabaran.”

Dalam ayat ini, Allah SWT bersumpah demi masa (waktu) untuk menunjukkan betapa pentingnya waktu dalam kehidupan manusia. Ayat ini juga mengingatkan bahwa kebanyakan manusia berada dalam kerugian karena tidak memanfaatkan waktu dengan baik, kecuali mereka yang beriman, beramal saleh, dan saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran.

Baca Juga:  Malam Nuzulul Qur’an, Malam Turunnya Al-Qur'an

Related Posts

Leave a Comment