Home Dawuh Kyai 10 Kiat Hidup Bahagia ala Gus Ali

10 Kiat Hidup Bahagia ala Gus Ali

by Aqila Nur Rahmalia
Gus Ali/istimewa

PROGRESIF EDITORIAL – Bagi banyak orang, mencari kebahagiaan adalah bagian dari pencarian makna hidup. Menemukan makna dan tujuan dalam hidup sering kali terkait erat dengan perasaan bahagia. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kebahagiaan dapat berdampak positif pada kesehatan fisik. Orang yang bahagia cenderung memiliki tekanan darah yang lebih rendah, sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat, dan resiko penyakit yang lebih rendah.

Dalam islam sendiri kebahagiaan dapat diraih dengan cara yang baik dan diridhai oleh Allah SWT. Adapun bila kita sadari, buku – buku bertemakan ‘kebahagian’ acap kali punya halaman yang lebih tebal dibandingkan buku lain, padahal implementasi kebahagiaan di dalam islam bisa dilakukan dengan tindakan sederhana. KH Agoes Ali Masyhuri menyebut salah satunya dengan memiliki iman kepada Nabi Muhammad SAW, bila kita beriman padanya maka akan menumbuhkan kepekaan personal dan sosial seorang manusia.

Lebih lanjut lagi Gus Ali menjelaskan beberapa kiat hidup untuk meraih kebahagiaan, apa saja?

  1. Perbanyak rasa syukur Perbanyak mengucapkan hamdalah. Perlu diingat, meski manusia adalah makhluk paling sempurna diantara cipataan Allah SWT, namun tidak ada kehidupan paling sempurna bagi manusia. Tidak perlu membandingkan kehidupan orang satu sama lain.
  2. Selalu berpikir positif, dengan selalu menjaga pikiran positif dapat mengurangi pikiran buruk dan cemas. Dalam Q.S Al-Baqarah ayat 216 disebutkan bahwa “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal itu baik bagimu dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu buruk bagimu. Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui”.
  3. Perbanyak berbagi, usahakan banyak berbagi untuk memperluas rejeki kita
  4. Cukup Beristirahat, jangan terlalu memaksakan diri pada hal yang bersifat duniawi dan materialistik, salah satunya dengan mencukupkan waktu tidur
  5. Perbanyak tersenyum, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW, “tersenyum dihadapan saudaramu bernilai sedekah bagimu”. dengan memperbanyak senyum dapat memberikan perasaan positif bagi diri sendiri dan orang lain
  6. Bangun lebih pagi, dengan bagun lebih pagi memberikan semangat bagi manusia untuk menjalankan aktifitas, utamanya beraktifitas sebangun tidur setelah subuh.
  7. Rutin berolahraga, olahraga yang baik salah satunya adalah renang, melakukan olahraga dapat menjaga ketahanan fisik sehingga mempengaruhi mentalitas kita.
  8. Berlibur, untuk menjaga sikap dan mental yang tenang, manusia perlu berlibur untuk menenangkan pikiran batin
  9. Jangan membandingkan rumput tetangga, Manusia memiliki porsinya masing – masing belum tentu nikmat yang dimiliki orang lain itu baik bagi kita
  10. Perbanyak investasi akhirat, beribadah dan beramal jariyah merupakan hakikat kehidupan manusia yang paling hakiki, mengingat bahwa kehidupan dunia hanya sementara.
Baca Juga:  Gabut Nunggu Perjalanan di Mobil? Sholat Sunah Aja, Boleh!

Konsep-konsep tersebut mencerminkan pandangan Islam tentang kebahagiaan sebagai hasil dari hubungan yang baik dengan Allah, keseimbangan hidup, dan perilaku yang baik terhadap sesama. Kebahagiaan dalam Islam bukan hanya tentang pencapaian duniawi semata, tetapi juga tentang kedekatan dengan Allah dan persiapan untuk kehidupan abadi di akhirat. saksikan kajian selengkapnya hanya di Official Youtube Progresif TV

Related Posts

Leave a Comment