Home Ragam 5 Jenis Kurma Termahal di Dunia, No 2 Harganya dijamin Membuat Anda Melongo

5 Jenis Kurma Termahal di Dunia, No 2 Harganya dijamin Membuat Anda Melongo

by Farrel Dimas Saputra

Kurma menjadi buah yang paling populer saat Ramadan. Ada kurma dengan harga terjangkau, namun tak sedikit jenis kurma yang harganya super mahal.

Kurma pun punya banyak jenis yang dibedakan dari rasa, tekstur, hingga ukurannya. Semakin premium kualitas buah kurma, maka semakin mahal juga harganya.

Pohon kurma banyak tumbuh di Timur Tengah seperti Mekah, Madinah hingga Irak. Setiap daerah memiliki kurma andalan yang rasanya manis. Jika ditelusuri jenisnya pun kurma memiliki beberapa ciri khas.

Berdasarkan data dari Abu Dhabi Food Control Authority (ADFCA) pada 2017, jenis kurma menentukan rasa, tekstur dan ukurannya. Jadi meskipun sama-sama kurma tetapi bisa memiliki ciri khas rasa dan tekstur berbeda.

Untuk jenis kurma premium dengan kualitas terbaik biasanya dibanderol dengan harga tinggi. Selain karena banyak yang memburu, kurma ini juga mahal karena ketersediaannya terbatas.

Dari ribuan jenis kurma, ada beberapa jenis yang menjadi unggulan sehingga harganya menjadi paling mahal. Berikut ini beberapa jenis kurma termahal di dunia yang juga favorit di pasaran Indonesia :

  • Kurma Sukkari

Secara makna harafiah, Kurma Sukkari ini berasal dari kata “gula” yang memang menggambarkan rasanya yang super manis. Daging kurmanya yang renyah dan rasanya yang super manis membuatnya enak dimakan langsung maupun diolah jadi makanan lainnya. Umumnya kurma ini sering disajikan jadi topping kue, isian roti, atau dijadikan jus dengan susu.

Di Indonesia sendiri, kurma jenis ini populer dijual menjelang Bulan Ramadan maupun oleh-oleh ketika pulang Haji atau Umroh. Kurma ini berwarna cokelat serta lapisan kuning keemasan layaknya lapisan karamel madu. Kisaran harga kurma ini per kilogramnya mencapai 80 Riyal atau sekitar 320 ribu Rupiah.

  • Kurma Ajwa

Jenis kurma yang diklaim paling termahal di dunia dan jadi buruan para penikmatnya adalah Kurma Ajwa. Di kalangan umat Muslim, buah ini cukup spesial karena dahulunya menjadi kurma paling favorit dari Nabi Muhammad SAW dan disebut dalam hadits. Ciri khasnya adalah daging buahnya yang berwarna gelap kehitaman tapi teksturnya sangat lembut dan manis.

Baca Juga:  Niat dan Tata Cara Melakukan Sholat Gerhana Bulan

Diyakini bahwa mengonsumsi 7 butir buah kurma Ajwa setiap pagi maka akan terhindar dari banyak penyakit dan melindungi dari sihir. Orang yang sedang diabetes, ibu hamil, dan bagi yang ingin meningkatkan kesehatan tulang, maka rajin-rajinlah konsumsi buah ini. Buah yang diproduksi di Madinah ini bisa dijual di kisaran 100 Riyal atau 400 ribu Rupiah.

Related Posts

Leave a Comment