Home Seputar Islam Membangun Avatar Pengendali Jiwa

Membangun Avatar Pengendali Jiwa

by Abdul Wahid Tamimi

Rasulullah saw. juga telah menerangkan cara untuk meredam bola api negatif tersebut. Dalam hadis, beliau bersabda:

عَنْ أَبِى ذَرٍّ, رَضِيَ اللهُ عَنْهُ, قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: “إِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ وَهُوَ قَائِمٌ فَلْيَجْلِسْ فَإِنْ ذَهَبَ عَنْهُ الْغَضَبُ وَإِلَّا فَلْيَضْطَجِعْ”

Dari Abu Dzar ra., Rasulullah saw. bersabda: “Jika salah seorang dari kalian marah dalam keadaan berdiri, maka duduklah. Kalau marahnya belum hilang, maka berbaringlah.”

عَنْ عَطِيَّةَ,, رَضِيَ اللهُ عَنْهُ, قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ‏”إِنَّ الْغَضَبَ مِنَ الشَّيْطَانِ وَإِنَّ الشَّيْطَانَ خُلِقَ مِنَ النَّارِ وَإِنَّمَا تُطْفَأُ النَّارُ بِالْمَاءِ فَإِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَتَوَضَّأْ”

Dari Athiyah ra., Rasulullah saw. bersabda: “Kemarahan berasal dari setan yang diciptakan dari api. Api tak dapat dipadamkan kecuali dengan air. Apabila seseorang dari kalian marah, hendaknya ia berwudhu.”

Dengan mengamalkan kaidah tersebut, semoga kita semua bisa menjadi Avatar pengendali emosi dalam jiwa kita sendiri dan seluruh umat manusia. Emosi yang terkendali dapat menciptakan kehidupan dan kemasyarakatan yang tentram, aman, harmonis, dan sejahtera. Ya, kan?.

Baca Juga:  Cinta dalam Diam Fatimah dan Ali

Related Posts

Leave a Comment