Home Seputar Islam 6 Sunnah Sebelum Shalat Idul Adha

6 Sunnah Sebelum Shalat Idul Adha

by Admin Progresif Media

Hari raya Idul Adha merupakan momen yang dinanti oleh seluruh umat muslim didunia, dalam momen tersebut terdapat suatu keutamaan apabila kita melakukan sunnah-sunanah yang dianjurkan. Adapun sunnah-sunnah sebelum sholat Idul Adha dimulai antara lain:

Larangan Potong Kuku dan Rambut

Dalam hadist yang diriwayatkan Muslim dijelaskan, bahwasanya bagi yang akan melakukan ibadah kurban atau menyembelih hewan kurban, dilarang untuk memotong bagian kuku dan rambutnya dimulai dari 1 Dzulhijjah sampai hewan yang dikurbankan telah dipotong.

Dari Ummu salamah radhiyallahu ‘anha, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa beliau bersabda:

مَن كانَ لَهُ ذِبحٌ يَذبَـحُه فَإِذَا أَهَلَّ هِلاَلُ ذِى الْحِجَّةِ فَلاَ يَأْخُذَنَّ مِنْ شَعْرِهِ وَلاَ مِنْ أَظْفَارِهِ شَيْئًا حَتَّى يُضَحِّىَ

“Barangsiapa yang memiliki hewan yang hendak disembelih (di hari raya), jika sudah masuk tanggal 1 Dzulhijjah maka janganlah dia memotong rambutnya dan kukunya sedikitpun, sampai dia menyembelih hewan kurbannya.” (HR. Muslim).

Menggunakan Pakaian Terbaik

Seorang muslim disunnahkan untuk menggunakan pakaian terbaik saat hari raya Idul Adha, hal ini dikarenakan umat muslim harus menyambut momen ini penuh dengan suka cita

Mandi Besar

Sebelum melakukan sholat Idul Adha, umat islam dianjurkan untuk melakukan mandi besar. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan seluruh hadast secara sempurna yang ada pada sekujur tubuh

Tidak Sarapan

Berbeda dengan sholat Idul Fitri, saat perayaan Idul Adha umat muslim disunnahkan untuk melakukan puasa tasyrik dan arafah. Selain itu dianjurkan tidak sarapan sebelum pelaksanaan sholat Idul Adha.

Bertakbir

Mengumandangkan takbir merupakan salah satu anjuran mulai dari terbenamnya matahari di tanggal 10 Dzulhijjah sampai imam berkhutbah. Setelah itu, bertakbir lah tanggal 11, 12, 13 Dzulhijjah.

Berangkat Awal

Berangkat awal untuk melakukan sholat Idul Adha dan menempati shaf terdepan, merupakan salah satu anjuran saat melakukan shalat Idul Adha.

Baca Juga:  Syarat dan Rukun Puasa yang Wajib Kamu Ketahui

Related Posts

Leave a Comment