Home Ragam Alasan Nama negara Asia Tengah Berakhiran “-Stan”

Alasan Nama negara Asia Tengah Berakhiran “-Stan”

by Farrel Dimas Saputra

Pakistan, Afghanistan,  dan masih banyak lagi  negara yang berakhiran -stan. Tetapi, uniknya nama-nama negera tersebut seringkali dijumpai di negara-negara asia tengah.

Hal itu seringkali dianggap kebetulan semata loh. Tapi ternyata, itu bukanlah kebetulan. Dilansir dari berbagai sumber, akhiran “-stan” mengacu pada Bahasa yang dipakai negara-negara tersebut, yakni Bahasa Proto-Indo European.

Akar kata “st-” atau “stand” dari Bahasa ini bsa ditemukan di berbagai Bahasa  yang merupakan keturunan dari Bahasa ini. Misalnya, dalam Bahasa Rusia, “-stan” artinya adalah “Pemukiman”. Kemudian dalam Bahasa Slavia, kata itu berari “apartemen” atau “negara”.

Dalam Bahasa Inggris sendiri, akar Bahasa Proto-European itu diserap untuk membuat kata “stand” (berdiri), state (negara), dan beberapa kata lainnya.

Nah, bahasa yang digunakan oleh orang Indo-Iranian inilah yang digunakan untuk menamai nama negara modern. Nama ini diambil dari bahasa Urdu dan Pashto yang diturunkan dari bahasa PIE.

Seperti dilansir dari Bobo, Beberapa nama negara yang memakai nama “-stan” sebagai akhiran ternyata punya arti masing-masing. Contohnya Afghanistan, yang artinya negeri para Afghan. Menurut sejarah, yang dimaksud orang Afghan ini adalah orang Pashtun, etnis terbesar di negara itu.

Ada pula Kazakhstan, yang berarti negeri para Kazakh. Kata “kazakh” berasal dari bahasa Turki yang artinya mandiri. Sementara itu Kyrgystan juga bermakna hampir serupa, yang artinya negeri para Kyrgy.

Di sisi lain, Pakistan nampaknya agak berbeda, walaupun patokannya tetap sama. Pakistan berarti negeri orang suci dalam bahasa Urdu. Namun, nama negara ini dibuat dari singkatan nama budaya di beberapa area pada tahun 1930-an. Kepanjangan singkatan Pakistan ini adalah Punjabi, Afghani, Kashmiri, Sindhi, dan Balochistan. Agar mudah, ditambahkan huruf Indi antara huruf K dan S.

Tak hanya negara-negara itu saja, beberapa negara yang juga berakhiran “-stan”, punya patokan yang serupa. Seperti Tajikistan, Turkmenistan, Uzbekistan, dan lain sebagainya.

Wallahu A’lam Bishwab

Baca Juga:  Hukum Memakai Sandal yang Tertinggal di Masjid

Related Posts

Leave a Comment