Home Opini Amalan Bermimpi Bertemu Nabi Muhammad SAW

Amalan Bermimpi Bertemu Nabi Muhammad SAW

by Arundaya Maulana

PROGRESIF EDITORIAL – Mimpi bertemu Rasulullah SAW, merupakan dambaan setiap muslim. Betapa tidak, seorang muslim akan mendapatkan begitu banyak faedah yang teramat agung bila dapat bermimpi bertemu kanjeng nabi.

Faedah Mimpi Bertemu Rasulullah Saw

Di antara faedah mimpi bertemu nabi adalah mati dalam keadaan husnul khatimah, mendapat syafaat kanjeng nabi, dan masuk surga. Selain itu dosa orang yang bermimpi nabi dan dosa orang tuanya akan Allah ampuni.

Orang yang bermimpi nabi juga akan mudah menghadapi sakaratul maut, bebas dari siksa kubur, dan mendapat jaminan aman dari hiruk-pikuk pada hari kiamat, serta akan terkabulkan hajat dunia dan akhiratnya berkat kedermawanan Allah Swt. (Kaifiyatul Wushul li Ru’yati Sayyidina al-Rasul [18])

Terdapat berbagai nasihat dan amalan agar bermimpi rasulullah SAW.

Nah, salah satu amalan yang bisa kita lakukan agar dapat bermimpi bertemu kanjeng nabi adalah sebagai berikut:

Pertama, berwudhu dan mengenakan pakaian sebelum tidur.

Kedua, tidur dengan posisi miring ke kanan.

Ketiga, sebelum tidur membaca surah al-Syams, al-Lail, dan al-Ikhlas. Masing-masing sebanyak tujuh kali.

Keempat, membaca doa :

اللَّهُمَّ أَرِنِيْ فِى مَنَامِيْ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَاجْعَلْ لِيْ مِنْ أمْرِيْ فَرَجًا وَمَخْرَجًا وَأرِنِي فِي مَنَامِيْ مَا اسْتَدَلَّ بِهِ عَلَى اسْتِجَابَةِ دَعْوَتِيْ

Allâhumma arinî fî manâmi Rasulallahi Shallallahu alaihi wasallama waj’al lî min amrî farajan wa makhrajan wa arinî fî manâmî ma istadalla bihi ‘alâ istijabati da’watî

Artinya: “Ya Allah buatlah aku bermimpi Rasulullah Saw. dan jadikanlah kelegaan dan jalan keluar untukku dari urusanku, serta tunjukkan dalam mimpiku bukti atas terkabulkannya doaku.”

Dikutip dari NU online, Amalan ini dilakukan secara kontinu selama tujuh malam. Sebagaimana keterangan dalam kitab al-Mawaidz fi syatta al-Fawaid halaman 24 berikut ini;

من أراد أن يرى النبي صلّى الله عليه وسلّم أو أحد من الموتى أو غير ذلك فليتوضأ وليلبث ثيابه ولينم على يمينه ويقرأ وهو مضطجع والشمس وضحاها والليل إذا يغشى والإخلاص سبعا سبعا ثمّ يقول (اللَّهُمَّ أَرِنِيْ فِى مَنَامِيْ كَذَا وَكَذَا وَاجْعَلْ لِيْ مِنْ أمْرِيْ فَرَجًا وَمَخْرَجًا وَأرِنِي فِي مَنَامِيْ مَا اسْتَدَلَّ بِهِ عَلَى اسْتِجَابَةِ دَعْوَتِيْ) يفعل ذلك سبع ليال متوالية فإن لم ير شيئا فليعلم أنه قد أساء فى أمره. مجرب صحيح. وقد أجازني فى قراءة هذه الفائدة -الحبيب عبد الله بن أبي بكر العطاس والحبيب شيخ بن محمد الحبشي.

Baca Juga:  Madura, Minang, dan Islam

Artinya: “Barang siapa yang ingin bermimpi bertemu Nabi Muhammad Saw. atau salah seorang dari orang yang telah meninggal atau selainnya, maka berwudhulah dan pakailah baju lalu tidurlah dengan posisi miring ke sisi kanan dan membaca Surah Al-Syams, al-Lail, dan Al-Ikhlas masing-masing dibaca tujuh kali dalam keadaan tidur miring, lalu membaca doa berikut: (Allâhumma arinî fî manâmi (sebutkan nama orang yang ingin ditemui dalam mimpi) waj’al lî min amrî farajan wa makhrajan wa arinî fî manâmî ma istadalla bihi ‘alâ istijabati da’watî). Amalan tersebut dilakukan selama tujuh malam secara kontinu, jika orang yang mengamalkan tidak kunjung bermimpi hal yang ia inginkan, maka ketahuilah bahwa ada yang keliru dalam hidupnya. Amalan ini benar dan mujarab. Telah mengijazahkan padaku Habib Abdullah bin Abi Bakar al-‘Attas dan Habib Syeikh bin Muhammad al-Habsyi.”

Demikianlah amalan agar dapat bermimpi bertemu Rasulullah Saw. yang bisa kita amalkan. Semoga kita mendapatkan anugerah dari Allah SWT untuk dapat bermimpi bertemu nabi. Wallahu a’lam bi al-shawab.

Related Posts

Leave a Comment