Home Seputar Islam Awal Mula Dilaksanakannya Salat Jumat

Awal Mula Dilaksanakannya Salat Jumat

by Admin Progresif Media

Bulan Rabiul Awal dikenal dengan bulan Maulid yakni bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Tanggal lahir Nabi Muhammad SAW ada banyak pendapat. Ada yang menyebut Nabi Muhammad SAW lahir pada 8 Rabiul Awal, 10 Rabiul Awal, 12 Rabiul Awal, dan 17 Rabiul Awal.

Namun yang masyhur di kalangan para ulama, Nabi Muhammad SAW lahir di bulan Rabiul Awal tanggal 12 Rabiul Awal 53 sebelum Hijriah/ 21 April 571 M di Makkah Al-Mukarramah.

Pada 17 Rabiul Awal, Nabi Muhammad dan umat muslim lainnya melakukan hijrahnya secara besar-besaran dari Makkah ke Madinah. Hijrahnya Nabi Muhammad ke Madinah kemudian diperingati Umar bin Khattab sebagai lahirnya tahun Hijriah.

Salat Jumat Untuk Pertama Kalinya

Tidak hanya membangun masjid, Nabi Muhammad juga mendapatkan wahyu untuk mengerjakan salat Jumat saat melakukan perjalanan hijrah di bulan Rabiul Awal. Maka, Nabi dan sahabat pun melakukan salat Jumat. Ini merupakan salat Jumat pertama kali yang dilaksanakan Rasulullah.

Rasulullah SAW wafat tepat pada hari lahirnya 12 Rabiul awal tahun 11 Hijriah bertepatan 7 Juni 632M. Baginda wafat di rumah Aisyah RA dan dikebumikan di Madinah Al-Munawwarah.

Pada bulan Rabiul Awal tepatnya wafatnya Nabi Muhammad SAW para sahabat mengangkat Sayyidina Abu Bakar RA menjadi khalifah pengganti Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga:  Tugas Malaikat Jibril Setelah Nabi Muhammad Wafat

Related Posts

Leave a Comment