Home Seputar Islam Bekerja adalah Ibadah karena Perintah Allah

Bekerja adalah Ibadah karena Perintah Allah

by Admin Progresif Media

PROGRESIF EDITORIAL- Terkadang kita merasa lelah dengan aktivitas yang kita lakukan, rutinitas bekerja merupakan salah satu alasan penat akan keseharian kita. Lalu bagaimana cara mengatasinya agar kita selalu bersemangat dalam melakukan pekerjaan kita?

Kh. Agoes Ali Masyhuri dalam kajian rutinnya memberikan tips agar kita selalu bersemangat dalam bekerja. Gus Ali menyebutkan bahwa bekerja itu merupakan salah satu semangat muslim. Semangat Al-Quran adalah semangat kemajuan dan peradaban tidak datang begitu saja tapi harus melalui kerja keras, usaha dan perjuangan. Sejalan dengan pesan ayat Al-Qur’an pada surah Al-jumu’ah ayat 10.

Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi: dan carilah karunia Allah dan ingatlah banyak-banyak supaya kamu beruntung. Qs.Al-Jumu’ah:10

Gus Ali juga berpesan agar kita mengingat tujuan tentang bekerja:

  1. Mencari rezeki halal merupakan kewajiban bagi setiap pribadi muslim
  2. Tingkat kewajiban mencari rezeki halal, merupakan kewajiban kedua setelah menunaikan kewajiban ibadah yang yang sifatnya murni
  3. Mencari rezeki halal sama nilainya dengan jihad, namun jihad disini diartikan bukan untuk mengangkat senjata untuk membela negara atau agama. Namun jihad untuk memperjuangkan kehidupan anak, istri, dan keluarga.

Semoga kita dapat mengambil, hikmah dari apa yang disampaikan, wallahualam bissawab.

Baca Juga:  Larangan bagi Orang yang akan Berkurban

Related Posts

Leave a Comment