Home Seputar Islam Doa dan Surat Terhindar dari Fitnah Dajjal, Bisa Dibaca saat Shalat

Doa dan Surat Terhindar dari Fitnah Dajjal, Bisa Dibaca saat Shalat

by Farrel Endy

Dajjal merupakan mahkluk ciptaan Allah SWT yang akan tiba saat hari kiamat. Dajjal diturunkan adalah memfitnah manusia dan mengaku menjadi Allah serta menyuruh menjadi pengikutnya, dan juga ingin mengetahui ketakwaan hamba Allah dengan melalui munculnya dajjal

Hal itulah kita harus senantiasa mengerjakan kewajiban-kewajiban dan larangan yang telah diperintahkan oleh Allah SWT. Untuk menghindari dari fitnah dajjal dapat melalui doa yang meminta permohonan kepada Allah SWT untuk menghindari dari fitnah dajjal

Fitnah dajjal merupakan fitnah terbesar sejak nabi Adam AS diciptakan, seperti yang diucapkan oleh Rasulullah, Rasulullah SAW bersabda:

مَا بَيْنَ خَلْقِ آدَمَ إِلَى قِيَامِ السَّاعَةِ خَلْقٌ أَكْبَرُ مِنَ الدَّجَّالِ

Artinya: “Tidak ada satu pun makhluk sejak Adam diciptakan hingga terjadinya kiamat yang fitnahnya lebih besar dari Dajjal.” (HR Muslim).

Tidak hanya doa saja yang kita bisa lakukan, namun juga bisa dengan membaca surah Al-Qur’an yakni surah Al Kahf

Doa Terhindar Dari Fitnah Dajjal

Adapun Hadis dari Aisyah RA, istri Nabi Muhammad SAW. Ia mengatakan, Rasulullah dalam salatnya pernah membaca doa berikut.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ ، وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

Artinya: “Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari siksa neraka jahannam, dari siksa kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, serta dari kejahatan fitnah al-masikh ad-Dajjal” (HR Muslim).

Surat Al Kahf

Doa terhindar dari fitnah Dajjal juga merupakan keutamaan bagi para pembaca sepuluh ayat pertama surah Al Kahfi. Hal ini dilandaskan dari hadits dari Rasulullah SAW sebagai berikut.

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

Artinya: “Barangsiapa membaca sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari fitnah Dajjal.” (HR Ibnu Hibban).

Baca Juga:  Menikah pada bulan Syawal, sebuah anjuran atau tradisi?

Related Posts

Leave a Comment