Home Dawuh Kyai Manfaat cerdas membagi waktu

Manfaat cerdas membagi waktu

by Aqila Nur Rahmalia
produktif/pexel

Rasullullah SAW selalu menganjurkan kita untuk memanfaatkan waktu siang dengan baik, Beliau bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، يَقُولُ: «لَأَنْ يَغْدُوَ أَحَدُكُمْ، فَيَحْطِبَ عَلَى ظَهْرِهِ، فَيَتَصَدَّقَ بِهِ وَيَسْتَغْنِيَ بِهِ مِنَ النَّاسِ، خَيْرٌ لَهُ مِنْ أَنْ يَسْأَلَ رَجُلًا، أَعْطَاهُ أَوْ مَنَعَهُ ذَلِكَ، فَإِنَّ الْيَدَ الْعُلْيَا أَفْضَلُ مِنَ الْيَدِ السُّفْلَى، وَابْدَأْ بِمَنْ تَعُولُ»(رَوَاهُ مُسْلِمٌ)

Artinya : “Dari Abu Hurairah RA berkata, aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: hendaklah seseorang di antara kalian berangkat pagi-pagi sekali mencari kayu bakar, lalu bersedekah dengannya dan menjaga diri (tidak minta-minta) dari manusia lebih baik daripada meminta kepada seseorang baik diberi ataupun tidak. Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah. Mulailah (memberi) kepada orang yang menjadi tanggung jawabmu” (HR. Muslim)

Pandangan tentang manfaat cerdas membagi waktu telah menjadi kunci bagi banyak individu yang menghargai efisiensi dan produktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengelola waktu secara bijak, seseorang dapat meraih sejumlah keuntungan yang signifikan, yang pada gilirannya meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

1. Lebih Produktif

Bagi mereka yang terampil dalam membagi waktu, peluang untuk mencapai tingkat produktivitas yang lebih tinggi semakin terbuka lebar. Kemampuan untuk menentukan prioritas, mengatasi tugas-tugas yang mendesak, dan mengelola waktu dengan efisien memungkinkan individu untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efektif.

2. Tidak Mudah Lelah

Mengatur waktu dengan baik menghilangkan beban mental dan fisik yang seringkali muncul akibat perasaan terburu-buru dan tertekan. Dengan mengalokasikan waktu secara cerdas, seseorang dapat menyelesaikan pekerjaan tanpa merasa diterpa oleh kelelahan karena tidak lagi merasa “diburu” oleh waktu.

3. Menurunkan Tingkat Stres

Pengelolaan waktu yang efektif juga membawa manfaat psikologis, seperti pengurangan tingkat stres. Dengan memberikan waktu yang memadai untuk istirahat dan pengaturan diri, individu dapat menjaga keseimbangan emosional dan mengurangi tekanan yang seringkali terkait dengan beban kerja.

4. Memiliki Waktu Luang

Pengaturan waktu yang efisien bukan hanya tentang penyelesaian tugas, tetapi juga memberikan ruang untuk waktu luang yang berharga. Dengan menyelesaikan pekerjaan dengan efektif, seseorang memiliki kesempatan untuk menikmati momen santai, mengejar hobi, atau bahkan mengeksplorasi hal-hal baru yang memberikan kegembiraan.

Baca Juga:  Cegah Virus PMK, Begini Cara Mengolah Daging Kurban yang Benar

5. Memiliki Hubungan yang Lebih Baik

Waktu luang yang dihasilkan dari manajemen waktu yang baik dapat diinvestasikan dalam membangun hubungan yang bermakna. Interaksi dengan keluarga, tetangga, dan masyarakat menjadi lebih kaya, menciptakan kenangan indah yang memperkuat ikatan sosial dan mendukung kesejahteraan emosional.

Dalam keseluruhan, manfaat cerdas membagi waktu bukan hanya sebatas peningkatan produktivitas, tetapi juga mencakup aspek-aspek penting lainnya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menghargai waktu sebagai sumber daya yang berharga, seseorang dapat mencapai keseimbangan yang optimal antara kewajiban dan kebahagiaan pribadi.

*)Materi ini diambil dari Buku Arti Sebuah Lingkungan: Cerdas Membawa Diri Dimana Saja oleh K.H Agoes Ali Masyhuri (2022)

Related Posts

Leave a Comment