Home Seputar Islam Mengenal Nabi Khidir AS, yang Disebut Masih Hidup hingga Kini

Mengenal Nabi Khidir AS, yang Disebut Masih Hidup hingga Kini

by Farrel Dimas Saputra

Nabi dan Rasul merupakan utusan Allah SWT untuk umat manusia agar selalu beriman dan menghindari sesuatu yang telah dilarang oleh Allah SWT. Dan sudah yang kita ketahui bahwa utusan nabi terakahir bagi seluruh umat manusia adalah nabi Muhammad SAW. Setelah nabi Muhammad SAW wafat, posisi nya pun digantikan oleh para sahabat yang lebih dikenal sebaagai zaman ke Khalifah ataupun Amirul Mukminin.

Tapi semua orang jarang yang tahu bahwa masih ada sosok nabi yang masih diprcaya hidup hingga saat ini yakni nabi Khidir. Iya suddah tidak heran bahwa nabi Khidir tidak terlalu dikenal oleh umat Muslim karena bukan 25 nabi yang harus diingat, jadi siapa sih nabi Khidir nih? Dikutip dari buku Menyimak Kisah dan Hikmah Kehidupan Nabi Khidir, beliau adalah Balya Putra Malkan. Artinya, Nabi Khidir merupakan keturunan Nabi Nuh AS dari jalur Sam, dengan Kunyah Abul Abbas. Nama nabi Khidir berasal dari kata Al-Khidr yang artinya adalah seseorang yang hijau.

Nabi Khidir pernah diceritakan pada ayat Al-Qur’an atau Hadis sahih, nabi Khidir juga terkenal dengan seorang hamba Allah SWT yang senang menebar ilmu agama. Hal tersebut terdapat dalam surah Al Kahfi, dimana isi ayatnya dimulai dari cerita nabi Musa AS, yaitu:

“Dan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada muridnya: “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke pertemuan dua buah lautan; atau aku akan berjalan-jalan sampai bertahun-tahun.” (QS. al-Kahfi: 60)

Nabi Khidir memiliki mukjizat mengubah alam yang artinya ialah mengubah tanah gersang menjadi hijau subur. Kisah ini berawal dari nabi khidir Ketika duduk di tanah gersang ataupun di atas kayu, berubah menjadi tempat penuh rumput dan pohon.

Baca Juga:  Hukum Menggunakan Perabotan Emas dan Perak, Halalkah?

Related Posts

Leave a Comment