Home Seputar Islam Menghindari sikap Egois dengan Tawadhu’

Menghindari sikap Egois dengan Tawadhu’

by Farrel Dimas Saputra

Diantara dari kita pasti pernah melihat pengendara motor yang menggunakan trotoar untuk melintas ataupun menerobos jalur busway agar terhindar dari kemacetan. Tanpa sadar itu adalah salah satu bentuk egoisme, sekarang kita mudah menjumpai bentuk egoisme dalam kehidupan sehari-hari.

Orang yang egois adalah orang yang mementingkan keinginannya sendiri tanpa memikirkan perasaan orang lain. Egois adalah sifat tercela yang harus kita hindari.

Rasulullah Saw bersabda :

إِذَا رَأَيْتَ شُحًّا مُطَاعًا وَهَوًى مُتَّبَعًا وَدُنْيَا مُؤْثَرَةً وَإِعْجَابَ كُلِّ ذِي رَأْيٍ بِرَأْيِهِ فَعَلَيْكَ بِنَفْسِكَ

Artinya : “Jika engkau melihat kikir ditaati, hawa nafsu diikuti, dan kekaguman pemilik pendapat, jagalah dirimu.” (HR Abu Daud)

Sifat egois bisa merusak diri kita sendiri,sudah pasti seseorang yang egois tidak akan disukai banyak orang. Mereka menganggap remeh perasaan orang lain, selama tidak menguntungkan baginya mereka bersikap acuh terhadap lingkungan sekitarnya.

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بنِ مَسْعُودٍ  قَالَ: قالَ رسُولُ اللَّه ﷺ:إنَّهَا ستَكُونُ بَعْدِي أَثَرَةٌ وأُمُورٌ تُنْكِرُونَهَا, قَالُوا: يَا رسُولَ اللَّهِ؟ كَيفَ تَأْمُرُ مَنْ أَدْرَكَ مِنَّا ذلكَ؟ قَالَ: تُؤَدُّونَ الحَقَّ الَّذِي عَلَيْكُمْ, وتَسْأَلُونَ اللَّهَ الذي لَكُمْ. متفقٌ عليه.

“Kalian akan menyaksikan sikap-sikap egois sepeninggalku, dan beberapa perkara yang kalian ingkari.” Para sahabat bertanya; ‘Lantas bagaimana Anda menyuruh kami ya Rasulullah!’ Nabi menjawab: ‘Tunaikanlah hak mereka dan mintalah kepada Allah hakmu!’ (HR Bukhari dan Muslim)

Hadits diatas berisi tentang pesan Rasulullah SAW bahwa di kemudian hari akan terjadi banyak perilaku egois dan perkara yang diingkari oleh umat. Istilah lain dari egois adalah atsarah, yaitu merasa ingin menang sendiri.

Tentu seorang mukmin tidak boleh memiliki sifat egois. Lalu bagaimana jika mukmin itu sendiri yang mengalami perilaku egois dari orang lain?

Baca Juga:  Hukum Menggunakan Fasilitas Masjid

Related Posts

Leave a Comment