Home Dawuh Kyai Sya’ban bulan Shalawat dan Keutamaannya

Sya’ban bulan Shalawat dan Keutamaannya

by Aqila Nur Rahmalia
pexel/shalawat

PROGRESIF EDITORIAL – Bulan Sya’ban dianggap memiliki keutamaan dan dimuliakan oleh sebagian umat Islam karena beberapa hadis dan tradisi yang mengaitkannya dengan kegiatan ibadah dan persiapan menuju bulan Ramadan. Dalam kajian rutin senin KH. Agoes Ali Masyhuri menyebutkan bahwa bulan Sya’ban identik dengan ‘shalawat’ hal ini lantaran salah satu ayat Al-Quran yang menekankan pentingnya bershalawat bagi Nabi Muhammad SAW turun pada bulan Sya’ban. Surat Al-Ahzab (33:56) adalah ayat dalam Al-Qur’an yang berbunyi:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya: Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk (kebahagiaan) Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya dengan penghormatan yang sempurna.

Ayat ini menekankan pentingnya bershalawat atau memberikan salam dan doa bagi Nabi Muhammad SAW. Umat Islam diajak untuk bershalawat kepada Nabi sebagai bentuk penghormatan dan kecintaan kepada Rasulullah. Gus Ali kemudian meceritakan kisah salah satu wali KH. Ali Mas’ud Buduran yang selalu membaca shalawat sebanyak-banyaknya dimanapun Beliau berada bahkan tanpa tasbih maupun menghitung jumlahnya. Allah SWT juga menjanjikan balasan yang sempurna, yang dijelaskan dalam hadits berikut: 

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا
Artinya: Siapa saja yang bershalawat kepadaku sekali, niscaya Allah bershalawat kepadanya sepuluh kali (HR Muslim).

Selain membaca shalawat ibadah lain yang dianjurkan dalam bulan sya’ban adalah dengan memperbanyak tadarus Al-Qur’an serta menghidupkan malam Nisyfu Sya’ban yang akan turun pada setiap tanggal 15 Sya’ban. Membaca shalawat juga menjadi salah satu ibadah yang mudah untuk dilakukan namun juga memiliki keutamaan yang luar biasa, oleh karenanya pada bulan sya’ban sangat diajurkan untuk membaca shalawat sebanyak-banyaknya.

Simak kajian selengkapnya dalam Kajian Rutin Senin KH. Agoes Ali Masyhuri dalam Episode “Sya’ban Bulan Shalawat” hanya di Progresif TV

Baca Juga:  Ndresmo, Warisan Sayyid Sulaiman di Kota Pahlawan

Related Posts

Leave a Comment