Home Ragam 5 Manfaat Ketan Hitam bagi Tubuh, Nomor 2 Bikin Panjang Umur

5 Manfaat Ketan Hitam bagi Tubuh, Nomor 2 Bikin Panjang Umur

by Farrel Dimas Saputra

PROGRESIF EDITORIAL– Siapa sih yang tidak tahu makanan tradisional yang satu ini? Yap, Ketan Hitam. Ketan hitam merupakan bahan pangan yang sering diolah sebagai bubur, kue, dan puding.

Di balik rasanya yang legit, dengan tekstur yang kenyal ketan hitam ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari menjaga kesehatan pencernaan hingga mencegah penyakit jantung dan antikanker.

Beras ketan hitam berwarna hitam saat belum dimasak. Setelah dimasak, warnanya menjadi keunguan. Warna hitam pada ketan hitam adalah pertanda bahwa bahan pangan ini mengandung antosianin dalam jumlah yang melimpah. Antosianin merupakan pigmen antioksidan, yang juga ditemukan pada terong dan bluberi.

Diketahui ketan hitam sendiri merupakan salah satu jenis gandum utuh yang mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Misalnya seperti karbohidrat, protein, dan lain sebagainya.

Melansir dari Live Strong, kita bisa mendapar 150 kalori, 1.5 g lemak, 33 g karbohidrat, dan 4 g protein dalam ¼ gelas ketan hitam.

Tak hanya itu, ketan hitam juga dipenuhi oleh serat yang bisa mencegah kita dari sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. Orang dewasa direkomendasikan untuk mengonsumsi 20 g hingga 35 g serat per hari. Dengan mengonsumsi ¼ gelas ketan hitam, Anda bisa mencukupi 9 g hingga 15 g serat tubuh per hari.

Baca Juga:  Nutrisi Salmon dan Manfaat Kesehatan

Related Posts

Leave a Comment