Home Dawuh Kyai Kunci Mengabadikan Diri dalam Islam yang Tak Terduga!

Kunci Mengabadikan Diri dalam Islam yang Tak Terduga!

by Arundaya Maulana
Karya Abadi/Freepik

PROGRESIF EDITORIAL – Mengabadikan diri dengan karya merupakan sebuah konsep yang mendalam dalam pandangan Islam. Islam mendorong umatnya untuk tidak hanya hidup sebagai individu yang melewati waktu tanpa meninggalkan jejak, tetapi juga untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan dunia melalui karya-karya yang bermanfaat. Dalam tulisan ini, kita akan menjelajahi pentingnya mengabadikan diri dengan karya menurut pandangan Islam, serta bagaimana karya-karya tersebut dapat menjadi bentuk ibadah dan investasi bagi kehidupan di dunia dan di akhirat.

Pertama-tama, Islam mengajarkan bahwa manusia diberi tanggung jawab oleh Allah SWT sebagai khalifah di bumi. Artinya, manusia adalah wakil Allah di dunia ini, dan oleh karena itu, mereka memiliki tanggung jawab moral untuk menjaga dan meningkatkan kualitas kehidupan di muka bumi. Salah satu cara untuk melaksanakan tanggung jawab ini adalah melalui menciptakan karya-karya yang bermanfaat bagi umat manusia. Dalam Al-Qur’an, Allah SWT berfirman :

“Dan barangsiapa yang beramal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik, dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.”

(QS. An-Nahl: 97)

Ayat ini menegaskan bahwa amal saleh, termasuk karya-karya yang bermanfaat, akan mendatangkan pahala baik di dunia maupun di akhirat.

Kedua, mengabadikan diri dengan karya juga merupakan bentuk pengembangan diri yang dianjurkan dalam Islam. Rasulullah SAW bersabda :

“Carilah ilmu dari buaian hingga ke liang lahad (kuburan).”

Pesan ini menekankan pentingnya pembelajaran sepanjang hayat, serta pentingnya menghasilkan karya-karya yang memanfaatkan ilmu tersebut. Dalam konteks ini, karya-karya yang bermanfaat dapat berupa penulisan buku, penelitian ilmiah, seni, atau pun inovasi teknologi yang membantu meningkatkan kualitas hidup manusia. Dengan menciptakan karya-karya yang bernilai, seseorang tidak hanya memberikan manfaat kepada dirinya sendiri, tetapi juga kepada generasi yang akan datang.

Baca Juga:  Kisah Unik Mbah Sholeh, Karomah Tukang Sapu Masjid Sunan Ampel

Related Posts

Leave a Comment