Home Seputar Islam Ibnu Majid, Ilmuwan Muslim Penemu Kompas

Ibnu Majid, Ilmuwan Muslim Penemu Kompas

by Farrel Dimas Saputra

PROGRESIF EDITORIAL– Dunia kebaharian sejatinya harus berterimakasih kepada Ibnu Majid. Dialah penemu alat navigasi canggih pada masanya (kompas) dengan 32 arah mata angin. Kompas buatan Ibnu Majid lebih canggih dibandingkan dengan yang dibuat sebelumnya oleh orang Mesir dan Maroko. Bahkan, ketika dia bertemu para pelaut dari Protugis dan memperlihatkan kompas buatannya, orang-orang Portugis itu mengaku belum pernah melihat sebelumnya.

Ibnu Majid bernama lengkap Sihabuddin Ahmad bin Majid bin Muhammad bin Amr ad-Duwaik bin Yusuf bin Hasan bin Abi Ma’lak as-Sa’di bin Ar-Raka’ib and-Najdi. Ia hidup pada abad ke-9 Hijriyah/15 Masehi.

 Ibnu majid merupakan seorang Navigator dan kartografer arab di Julfar (Sekarang berubah menjadi kota Ras Al Khaimah , Uni Emirat Arab ).

Dia berasal dari Bani Tamim, salah satu kabilah yang terdapat di provinsi Najed, Arab Saudi. Keluarganya sampai sekarang dikenal dengan julukan anak nahkoda. Bapak dan Kakeknya adalah pelaut dan nahkoda terkenal pada masanya.

Ibnu Majid telah mendapatkan pendidikan agama dan bahasa pada masa kecilnya. Dia belajar ilmu matematika Arab dan India, ilmu menentukan waktu, geografi, dan astronomi.

Baca Juga:  5 Manfaat Berpuasa bagi Kesehatan Tubuh

Related Posts

Leave a Comment