Home Seputar Islam Ternyata Sahabat Ini Memiliki 2 Cahaya, Lho!

Ternyata Sahabat Ini Memiliki 2 Cahaya, Lho!

by Farrel Dimas Saputra

PROGRESIF EDITORIAL – Pada umumnya manusia tidak bisa disebut memiliki cahaya. Namun ada seorang sahabat Nabi yang disebut memiliki cahaya, bahkan 2 cahaya sekaligus! Bagaimana bisa seorang manusia disebut-sebut memiliki cahaya?

Berbicara mengenai sahabat Nabi kita tahu bahwa mereka adalah orang-orang yang melihat langsung Rasulullah SAW dan pastinya mengenal beliau. Sahabat Nabi juga membantu perjuangan beliau dan wafat dalam keadaan islam.

Namun apakah kalian tahu sahabat Nabi yang menikahi dua putri nabi sekaligus?

Utsman bin Affan, Mengutip buku 10 Sahabat Rasul Penghuni Surga oleh Ariany Syurfah, ia adalah salah seorang sahabat Nabi yang menikahi putri kedua dan ketiga Nabi Muhammad SAW.

Utsman bin Affan mendapat gelar Dzun nurain dari Rasulullah SAW atas kehendak beliau.Dzun nurain adalah gelar yang sangat disukai Utsman bin Affan, diantara kaum muslimin Rasulullah SAW menggambarkan sosok sahabat beliau tersebut sebagai pribadi yang paling jujur dan rendah hati.

Dalam sebuah riwayat diceritakan, Aisyah bertanya kepada Rasulullah SAW, “Abu Bakar masuk tetapi engkau biasa saja dan tidak memberi perhatian khusus, lalu Umar masuk engkau pun biasa saja dan tidak memberi perhatian khusus. Akan tetapi ketika Utsman masuk engkau terus duduk dan membetulkan pakaian, mengapa?”

Rasulullah SAW menjawab, “Apakah aku tidak malu terhadap orang yang malaikat saja malu kepadanya?” (HR. Muslim).

Lantas bagaimana kisah Utsman bin Affan mendapat gelar Dzun nurain dari Rasulullah SAW?

Baca Juga:  Langka! Kesultanan Ini Diwariskan Oleh Kakek Buyut

Related Posts

Leave a Comment