Home Berita Dorong kemampuan daya saing sejak dini lewat Kompetisi Nasional Progresif Festival

Dorong kemampuan daya saing sejak dini lewat Kompetisi Nasional Progresif Festival

by Aqila Nur Rahmalia

PROGRESIF EDITORIAL – Pendidikan memainkan peran sentral dalam membentuk individu yang mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan memiliki karakter yang kuat. Berbagai langkah telah diambil oleh pemerintah untuk menciptakan masyarakat yang memiliki kapasitas intelektual yang tinggi. Sebagai bagian dari inisiatif dalam tujuan tersebut, Sekolah Progresif Bumi Shalawat kembali menyelenggarakan PROFEST (Progresif Festival) tahun 2024 yang dilaksanakan hari ini Sabtu (13/1). Kegiatan ini mengusung tema “Young Generation for a Peaceful and Sustainable World”  yang bertujuan untuk memberdayakan generasi muda dalam kerangka pemahaman dan tindakan yang mendukung perdamaian dan lingkungan yang berkelanjutan.

Progresif Festival merupakan kompetisi untuk jenjang SD/MI dan SMP/MTs tingkat Nasional. Ada beberapa kategori kompetisi yang dilombakan, untuk kategori SD/MI peserta dapat mengikuti kompetisi Olimpiade Matematika, Olimpiade IPA/S dan Story telling berbahasa inggris. Sedangkan untuk jenjang SMP/MTs terdapat 4 kategori perlombaan yaitu Olimpiade Matematika, Olimpiade IPA, Olimpiade IPS dan English speech.

PROFEST 2024  diikuti oleh 920 peserta dari seluruh Indonesia baehkan diikuti oleh peserta asal negeri tetangga Malaysia. Para peserta telah  melalui beberapa tahap perlombaan. Babak penyisihan yang dilakukan serempak pada Rabu (3/1) dan tersisihkan 200 finalis yang terdiri dari 25 peserta di masing – masing kategori lomba.

Para finalis ini kemudian berkompetisi secara langsung serta hadir pada sesi Babak Final dan awarding yang dilaksanakan hari ini di kawasan Sekolah Progresif Bumi Shalawat, Kabupaten Sidoarjo. Tidak tanggung – tanggung reward PROFEST 2024 yang diperebutkan para peserta ini mencapai Rp 50 Juta. Melalui PROFEST 2024 ini, harapannya dapat  menciptakan ruang bagi para generasi muda untuk terus berkembang dalam berpikir kritis dan kreatif dengan tetap menjunjung tinggi nilai akhlakul karimah, guna mewujudkan masa depan yang damai dan berkelanjutan.

Baca Juga:  Masjidil Aqhsa, Situs Penting di Kondisi Genting

Related Posts

Leave a Comment