Home Ragam Menjadi Pribadi Tangguh Dengan Hindari 7 Mindset Ini!

Menjadi Pribadi Tangguh Dengan Hindari 7 Mindset Ini!

by Farrel Dimas Saputra

Setiap harinya kita pasti melakukan aktivitas yang mana kita pasti merasakan senang ataupun lelah setelahnya. Oleh karena itu pola pikir sangat berperan penting bagi kita.

Dewasa ini orang-orang lebih mengenal pola pikir dengan sebutan ‘mindset’ yang memiliki makna yang sama.

Orang yang memiliki mindset positif pasti akan menganggap semua yang terjadi padanya adalah sebuah rintangan yang memang harus dihadapi. Orang dengan mindset ini insyaallah dapat menjalani hidupnya dengan full senyum!

Lalu bagaimana jika kita belum mampu memiliki mindset yang positif? Tenang saja karena ternyata mindset seseorang juga dapat diubah lho!

Caranya dengan menghindari 7 mindset dibawah ini :

Mindset Korban

Orang dengan mindset korban cenderung melihat diri mereka sebagai korban keadaan dan tidak mengambil tanggung jawab atas tindakan atau keputusan mereka sendiri.

Mindset Tetap

Orang dengan mindset tetap percaya bahwa kemampuan mereka sudah ditentukan dan tidak bisa berkembang. Mereka menganggap bahwa keberhasilan atau kegagalan adalah hasil dari kecerdasan atau bakat bawaan, bukan hasil dan pembelajaran.

Mindset Negatif

Orang dengan mindset negatif cenderung melihat segala situasi dari sisi buruknya dan sering kali mengabaikan hal-hal positif atau potensial solusi.

Mindset Takut Gagal

Orang dengan mindset ini menghindari situasi di mana mereka bisa gagal. Mereka takut mengambil resiko dan mencoba hal-hal baru karena takut tidak berhasil.

Mindset Perfeksionis

Orang dengan mindset perfeksionis menetapkan standar yang sangat tinggi dan sulit menerima kesalahan atau ketidaksempurnaan. Mereka merasa tidak puas dengan hasil kerja mereka sendiri, meskipun hasil tersebut sebenarnya sudah baik.

Mindset Keterbatasan

Orang dengan mindset keterbatasan cenderung percaya bahwa sumber daya kesempatan, dan keberuntungan terbatas. Mereka merasa sulit untuk berbagi atau membantu orang lain karena takut kehilangan apa yang mereka miliki.

Mindset Statis

Orang dengan mindset statis berpikir bahwa situasi atau kondisi mereka tidak akan pernah berubah, sehingga mereka merasa tidak memiliki kontrol atau kemampuan untuk mengubah nasib mereka sendiri.

Untuk mengatasi mindset lemah penting untuk menggantinya dengan pola pikir positif dibutuhkan kesadaran diri, refleksi, dan kerja keras untuk mengubah keyakinan negatif menjadi positif.

Baca Juga:  Berikan Nasihat ini kepada Anak Anda, InsyaAllah Selamat Dunia Akhirat

Selain itu kita juga dapat mengatasinya dengan terapi kognitif perilaku (CBT), meditasi, olahraga, dan dukungan sosial.

Gimana? Sudah tahu bukan, cara agar kita bisa memiliki mindset yang positif.

Semoga kita semua tetap berada dalam lindungan Allah SWT dan mendapat ridho-Nya. Shalawat dan salam tetap tercurah limpahkan pada junjungan kita Nabi Muhammad SAW.

Aamiin..

Related Posts

Leave a Comment