Home Seputar Islam Dahsyatnya Wudhu’ Bagi Umat Islam

Dahsyatnya Wudhu’ Bagi Umat Islam

by Farrel Dimas Saputra

PROGRESIF EDITORIAL– Seorang muslim pasti mengenal wudhu, yaitu membersihkan diri dari hadas kecil sebelum menunaikan ibadah shalat fardhu maupun sunnah. Namun ternyata manfaat dari wudhu sangat luar biasa!

Menurut sebuah hadits, malaikat akan mendoakan orang yang tidur dalam keadaan suci karena berwudhu. Umat islam bisa melaksanakan amalan sunnah yakni berwudhu sebelum tidur.

Berasal dari Ibnu Umar RA, Rasulullah SAW bersabda :

مَنْ بَات طَاهِرًا، بَاتَ فِي شِعَارِهِ مَلَكٌ، فَلَمْ يَسْتَيْقِظُ إِلَّا قَالَ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِعَبْدِكَ فَلَانٍ، فَإِنَّهُ بَاتَ طَاهِرًا

Artinya: “Barang siapa tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudhu) maka malaikat akan tetap mengikuti, kemudian pada saat ia bangun niscaya malaikat itu akan berucap: “Ya Allah ampunilah hamba-Mu si fulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci.” (HR Ibnu Hibban)

Kemudian, dalam hadits lain, berasal dari al-Barra’ bin ‘Azib RA, dijelaskan dalam Kitab Fiqih Sunnah karya Sayyid Sabiq melalui hadits nabi. Ia berkata, Rasulullah SAW bersabda :

إذا أَنتَ مَضْجَعَكَ فَوَضَّأَ وُضُوءَكَ لِلصَّلَاةِ ثُمَّ اضْطَجِعْ عَلَى شَلَّكَ الأَيْمَنِ ثُمَّ قُل: اللَّهُم أَسْلَمْتُ وَجْهِي إِلَيْكَ وَفَوَّضْتُ أَمْرِي إِلَيْكَ وَالحَاتُ ظَهْرِي إِلَيْكَ رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ لَا ملحاً ولا منجا منك إلا إلَيْكَ اللهم انت بكتابك الَّذِي أَنزَلْتَ وَبَيِّكَ الَّذِي أَرْسَلْتَ

Artinya: “Jika kamu hendak tidur, hendaknya kamu berwudhu sebagaimana kamu berwudhu ketika hendak mengerjakan shalat. Kemudian, berbaringlah ke arah sebelah kanan dan bacalah doa berikut: “Ya Allah, aku serahkan diriku kepada-Mu, aku hadapkan wajahku kepada-Mu, aku serahkan segala urusanku kepada-Mu, aku sandarkan punggungku kepada-Mu dengan rasa senang dan takut kepada-Mu. Tidak ada tempat perlindungan dan keselamatan melainkan hanya berharap kepada-Mu. Ya Allah aku beriman kepada kitab-Mu yang telah Engkau turunkan, dan kepada nabi-Mu yang telah Engkau utus.”

Sayyid Sabiq menganjurkan untuk menjadikan doa tersebut sebagai bacaan menjelang tidur. Sayyid Sabiq menjelaskan, seseorang dalam keadaan bersih (dari dosa) jika ia ditakdirkan mati pada malam itu.

Baca Juga:  Perjalanan Masjid Hagia Shopia dari zaman ke zaman

Rizem Aizid turut menjelaskan mengenai manfaat menjaga wudhu sebelum tidur dalam buku Mukjizat 13 Sunnah Harian Nabi, yaitu :

Pertama

Berwudhu terlebih dahulu ketika sebelum tidur maka dapat merilekskan otot-otot sebelum beristirahat.

Dalam ilmu kedokteran percikan air wudhu itu merupakan suatu metode atau cara mengendurkan otot-otot yang kaku karena lelahnya dalam beraktivitas.

Related Posts

Leave a Comment