Home Ragam Berbagai Manfaat Akupuntur

Berbagai Manfaat Akupuntur

by Bradie Naradithya

PROGRESIF EDITORIAL– Sebagai bentuk Pengobatan Tradisional Cina (TCM), akupunktur adalah praktik memasukkan jarum tipis ke dalam tubuh untuk menghilangkan rasa sakit dan menyembuhkan berbagai kondisi kesehatan fisik, mental, dan emosional.

Dialnsir dari Healthline Jamie Bacharach, Dipl.Ac, ahli akupunktur medis berlisensi.

“Ketika aliran qi terganggu, kurang, atau berlebihan, penyakit dapat mengikuti. Jarum akupunktur ditusukkan pada berbagai titik di tubuh untuk memanipulasi aliran qi dan mencapai penyembuhan.”

Ada banyak manfaat berbeda dari bentuk terapi komplementer ini, yang mungkin termasuk:

  1. menghilangkan rasa sakit kronis
  2. mengelola migrain
  3. membantu dalam pengobatan neuropati perifer
  4. meredakan mual
  5. memperbaiki gejala rheumatoid arthritis (RA)Trusted Source
  6. memerangi kelelahan

Akupunktur untuk nyeri punggung bawah dan panggul selama kehamilan

Nyeri punggung bawah dan panggul adalah gejala kehamilan yang umum.

Bacharach menjelaskan bahwa itu umumnya disebabkan oleh ligamen tubuh yang melunak dan meregang untuk mempersiapkan persalinan, yang menyebabkan tekanan dan ketegangan tambahan pada punggung dan sendi panggul.

Akupunktur mengurangi rasa sakit ini dengan meningkatkan aliran darah yang sehat ke area yang terkena dan berpotensi menghilangkan stres dan kecemasan, yang dapat memperparah ketidaknyamanan.

“Akupunktur selama kehamilan bisa sangat bermanfaat untuk meringankan beberapa penyakit umum yang dialami orang selama kehamilan, seperti mual, muntah, mulas, sembelit, sirkulasi yang buruk, insomnia, serta kecemasan, stres, dan depresi,” ujar Dr. Monica Grover, DO, papan ganda bersertifikat ginekolog dan spesialis kedokteran keluarga dan direktur medis di VSPOT.

Grover menjelaskan bahwa pengobatan konvensional seringkali dapat menjadi kontraindikasi selama kehamilan di antara mereka yang mengalami nyeri panggul, pinggul, atau punggung yang signifikan terkait dengan linu panggul. Banyak orang mungkin beralih ke akupunktur sebagai alternatif pengobatan konvensional.

Selain itu, penting untuk dipahami bahwa perawatan medis yang efektif dapat menggunakan pendekatan multidisiplin.

“Saya pikir penting untuk tetap berpikiran terbuka tentang berbagai pendekatan untuk perawatan medis — secara holistik, pengobatan Barat, pengobatan Timur, dan lainnya,” kata Dr. Kecia Gaither, MPH, FACOG, OB-GYN dan kedokteran janin ibu bersertifikat spesialis dan direktur layanan perinatal di NYC Health + Hospitals/Lincoln di Bronx, New York.

Baca Juga:  7 Manfaat Chia Seed, Ampuh Tangani Segala Penyakit

“Prinsip tindakan akupunktur adalah untuk membuka blokir saluran energi di dalam tubuh secara efektif. Meskipun tidak diketahui secara spesifik, mekanisme tindakan yang diusulkan adalah bahwa akupunktur dapat memblokir atau menunda pengiriman sinyal rasa sakit ke otak, yang mengurangi atau menghilangkan sensasi rasa sakit.

Related Posts

Leave a Comment