Home Seputar Islam Cara Bertaubat yang Benar

Cara Bertaubat yang Benar

by Admin Progresif Media

PROGRESIF EDITORIAL– Sebagai manusia kita tidak luput dari salah maupun dosa, terkadang kita ragu bagaimana bimbang apakah tobat yang kita lakukan akan diampuni oleh Allah. Lalu bagaimana caranya, agar kesalahan yang kita perbuat diampuni oleh Allah?

Tobat berarti kembali, kembali dari sesuatu yang tercela menurut syariat menuju sesuatu yang terpuji. Kembali kepada Allah setelah jauh dari-Nya akibat dosa dan maksiat. Bagi peniti jalan Allah, tobat adalah stasiun pertama. Bahkan, tobat adalah pintu masuk untuk menapaki jalan ruhani. Karena sangat sering diucapkan, makna tobat sering terabaikan. Padahal, setiap orang mesti memperlihatkan tobat dan segala konsekuensinya.

Dalam kajian seninan KH. Agoes Ali Masyhuri disebutkan bahwa tobat adalah membangun dan menyusun. Sangat aneh, jika kata tobat sering diucapkan tetapi maknanya tidak disadari dan dipahami.

Semua orang membutuhkan tobat. Tak ada seorang pun yang tak berdosa dan tak mencederai hak-hak Allah. Sangat langka orang yang bersih, tegar, dan memiliki iman yang kuat. Tobat dibutuhkan untuk mengisi jiwa dan menguatkan keimanan.

Lalu bagaimana ciri-ciri taubat yang benar:

Ciri tobat adalah menyesali maksiat yang dilakukan dan ketaatan yang luput diamalkan.

Rasulullah Saw. telah bersabda, Ibnu Ma’qil berkata, “Aku bersama ayahku menemui Abdullah, maka aku mendengar dia berkata, ‘Rasulullah Saw. bersabda, ‘Penyesalan adalah bentuk taubat.’ Maka ayahku bertanya kepadanya, ‘Apakah kamu mendengarnya dari Rasulullah Saw. bahwa penyesalan adalah taubat?’ Dia menjawab, ‘Ya.’ (HR. Ibnu Majah)

Hadits ini mengadung makna bahwa pilar tobat yang paling utama adalah penyesalan. Adapun bagaimana cara kita bertaubat adalah sebagai berikut:

1.Pilar tobat yang pertama adalah menyesal

2.Pilar yang kedua adalah bersegera meninggalkan maksiat

3.Pilar yang ketiga adalah bertekad untuk tidak mengulangi.

Baca Juga:  Mengenang Kembali Kejayaan Peradaban Islam Yang Hampir terlupakan, Andalusia.

Related Posts

Leave a Comment