Home Tokoh Kisah Uwais Al-Qarnain, Pemuda Berbakti yang dirindukan Surga

Kisah Uwais Al-Qarnain, Pemuda Berbakti yang dirindukan Surga

by Farrel Dimas Saputra

PROGRESIF EDITORIAL- Uwais Al-Qarni merupakan seorang pemuda dari Yaman yang hidup yatim sejak lama. Ia tinggal bersama ibunya yang sudah tua renta. Menurut Aminudin dan Harjan Syuhada dalam buku Al-Qur’an Hadis, untuk mencukupi kebutuhan sehari-harinya, Uwais bekerja sebagai penggembala kambing.

Menjadi penggembala kambing tak membuat Uwais melupakan kewajibannya dalam beribadah. Bahkan, ia dikenal sebagai pemuda yang amat patuh kepada Allah SWT. Pada siang hari, ia berpuasa dan pada malam harinya ia bermunajat kepada Allah SWT.

Upah yang ia dapatkan juga tidak seberapa. Sekadar cukup untuk makan sehari-hari dengan ibunya. Setiap kali ada sisa, uang tersebut ia gunakan untuk membantu tetangganya yang hidup miskin dan serba kekurangan seperti dirinya.

Karena sang ayah meninggal saat usianya masih kecil, ia dibesarkan sendiri oleh ibunya. Uwais Al Qarni dan sang ibu termasuk golongan pertama yang masuk Islam ajaran Nabi Muhammad sampai ke Yaman.

Uwais Al Qarni tumbuh menjadi sosok yang sangat berbakti dan memuliakan ibunya yang telah tua dan lumpuh. Meski hidup sezaman dengan Nabi, Uwais Al Qarni tidak pernah memiliki kesempatan bertemu Nabi Muhammad.

Salah satu alasannya adalah karena ia selalu mengutamakan sang ibu, yang hanya bergantung padanya. Pernah pada suatu ketika, ia sangat ingin bertemu Nabi yang berada di Madinah. Uwais Al Qarni pun meminta izin kepada ibunya agar direstui pergi untuk menemui Nabi Muhammad.
Ibunya memberi izin, tetapi berpesan agar segera kembali ke Yaman setelah bertemu dengan Nabi Muhammad. Uwais Al Qarni lantas bertolak dari Yaman ke Madinah, yang jaraknya sangat jauh. Sayangnya, ia gagal menemui Nabi, yang saat itu tengah pergi berperang.

Ia hanya bertemu dengan Aisyah, istri Nabi Muhammad dan menitipkan salam untuk Nabi. Setelah itu, Uwais Al Qarni segera pulang dan kembali ke ibunya.

Baca Juga:  Ibnu Batutah, Sang Pengarung Samudera Muslim Asal Maroko

Related Posts

Leave a Comment