Home Berita Menelusuri Jejak Religius Di Tanah Pasuruan

Menelusuri Jejak Religius Di Tanah Pasuruan

by Farrel Dimas Saputra

PROGRESIF EDITORIAL – Ratusan santri Progresif Bumi Shalawat bersama para asatidz melaksanakan ziarah ke makam Syarifah Khodijah binti Sayyid Syarif Hidayatullah, atau populer dikenal dengan Mbah Ratu Ayu di kompleks Makam Mbah Segoropuro atau Sayyid Arif Segoropuro alias Sayyid Abdurrahim putra dari Sayyid Abdurrahman dan Syarifah Khadijah.

Selain itu juga rombongan mengunjungi Makam Kyai Hamid yang juga dikenal sebagai makam Mbah Hamid Pasuruan merupakan situs wisata religi yang menjadi tujuan utama di Kota Pasuruan. Tidak lain tujuan para santri berziarah adalah untuk menguatkan rasa spiritual dan meningkatkan cinta kepada orang-orang yang dicintai oleh Allah SWT.

Menurut Imam Al-Ghazali, peziarah dapat memetik hikmah dari peristiwa kematian ahli kubur yang diziarahi dan ahli kubur yang diziarahi dapat memetik manfaat doa dari peziarah. Ziarah dilakukan pada tanggal 17 November 2023, perjalanan dimulai pada pukul 01.30 siang dengan menggunakan kendaraan pribadi Pesantren Progresif Bumi Shalawat yaitu 1 bus Mercedes-Benz dan 2 Hiace.

Semua destinasi ziarah berada di kota Pasuruan, dan di beberapa makam terdapat kendi berisi air yang dapat diambil untuk diminum, dan bisa dibawa pulang sebagai air berkah. Tentunya para santri sangat antusias mengingat selain berziarah, mereka juga dapat merasakan angin luar pesantren yang membuatnya sangat bergembira.

Baca Juga:  Syekh Yusri: Perbaiki Sisa Umur Kita dengan Perbanyak Zikir

Related Posts

Leave a Comment