Home Dawuh Kyai Kebersihan Adalah Syarat Keindahan

Kebersihan Adalah Syarat Keindahan

by Arundaya Maulana
Menjaga Kebersihan/Freepik

PROGRESIF EDITORIAL – Dalam pandangan Islam, kebersihan merupakan aspek fundamental yang mendukung terciptanya keindahan. Islam menekankan pentingnya kebersihan baik dari segi fisik maupun spiritual sebagai wujud dari kesalehan dan kedekatan dengan Allah SWT. Konsep ini tercermin dalam berbagai ajaran dan praktik yang diatur dalam Al-Qur’an dan Sunnah Nabi Muhammad SAW.

Al-Qur’an secara jelas mengaitkan kebersihan dengan ketakwaan dan keberkahan. Dalam Surat Al-Baqarah ayat 222, Allah berfirman: 

“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.”

Ayat ini menunjukkan bahwa Allah mencintai hamba-Nya yang menjaga kebersihan baik dari segi fisik maupun spiritual.

Nabi Muhammad SAW juga menekankan pentingnya kebersihan melalui banyak hadis. Salah satu hadis yang terkenal menyatakan: 

“Kebersihan adalah sebagian dari iman.”

 (HR. Muslim)

Hadis ini menegaskan bahwa menjaga kebersihan merupakan bagian integral dari iman seorang Muslim, yang mencerminkan betapa pentingnya aspek kebersihan dalam kehidupan sehari-hari.

Kebersihan dalam Islam mencakup dua dimensi utama: fisik dan spiritual. Kebersihan fisik melibatkan menjaga tubuh, pakaian, tempat tinggal, dan lingkungan sekitar agar tetap bersih dan sehat. Islam mengajarkan berbagai praktik kebersihan seperti wudhu sebelum shalat, mandi wajib, dan menjaga kebersihan pakaian. Hal ini tidak hanya bertujuan untuk kesehatan, tetapi juga untuk mempersiapkan diri dalam beribadah kepada Allah SWT.

Baca Juga:  Musa al-Kadzim, Ulama Penyabar dan Pemberani

Related Posts

Leave a Comment