Home Seputar Islam Inilah Tanda Seorang Ahli Surga!

Inilah Tanda Seorang Ahli Surga!

by Arundaya Maulana

PROGRESIF EDITORIAL – Surga merupakan tempat tinggal terbaik yang diimpikan oleh semua umat manusia, terlebih untuk yang beragama Islam. Dalam Islam, surga menjadi tujuan atas segala aktivitas yang dilakukan di dunia.

Surga digambarkan sebagai tempat yang paling indah di mana luasnya melebihi langit dan bumi. Bahkan keindahan tersebut tidak pernah dilihat oleh mata, tidak pernah didengar telinga dan tidak pernah terbesit dalam pikiran manusia.

Dikutip dari zakatsukses.org, Sebagai salah satu umpama indahnya surga, Allah SWT., pernah bersabda dalam QS. Al-Hajj ayat 23,

اِنَّ اللّٰهَ يُدْخِلُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ يُحَلَّوْنَ فِيْهَا مِنْ اَسَاوِرَ مِنْ ذَهَبٍ وَّلُؤْلُؤًاۗ وَلِبَاسُهُمْ فِيْهَا حَرِيْرٌ

Artinya: “Sungguh, Allah akan memasukkan orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan ke dalam surga-surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai. Di sana mereka diberi perhiasan gelang-gelang emas dan mutiara, dan pakaian mereka dari sutera.”

Sungai, emas, mutiara dan pakaian sutera merupakan lambang kenikmatan yang Allah janjikan. Tidak hanya itu, di dalam surga tidak akan ada masalah atau bencana, yang ada hanyalah kebahagiaan dan ketenteraman.

Siapa Orang yang Dijanjikan sebagai Penghuni Surga?

Lantas yang menjadi pertanyaan siapakah orang yang dijanjikan sebagai penghuni surga? Dan apakah kita sudah termasuk dalam sifat-sifat orang yang dijanjikan masuk surga?

Berikut 4 sifat ahli surga yang dijelaskan Allah SWT., melalui firman-Nya dalam QS. Qaf ayat 31-35, yang artinya:

“Dan didekatkanlah surga itu kepada orang-orang yang bertakwa pada tempat yang tiada jauh (dari mereka). Inilah yang dijanjikan kepadamu, (yaitu) kepada setiap hamba yang selalu kembali (kepada Allah) lagi memelihara (semua peraturan-peraturan-Nya). (Yaitu) orang yang takut kepada Rabb yang Maha Pemurah sedang Dia tidak kelihatan (olehnya) dan dia datang dengan hati yang bertaubat, masukilah surga itu dengan aman, Itulah hari kekekalan. Mereka di dalamnya memperoleh apa yang mereka kehendaki; dan pada sisi Kami ada tambahannya.”

Dalam surat di atas, Allah SWT., menjelaskan terdapat empat sifat ahli surga.

Baca Juga:  Apa itu Malam Nifsu Sya’ban?

Empat sifat tersebut yakni orang yang kembali kepada Allah (Awwabin), Orang yang selalu memelihara aturan Allah (Hafiizh), Orang yang takut kepada Allah (Khasyah), dan orang dengan hati yang selalu kembali kepada Allah (Qolbun Munib).

Related Posts

Leave a Comment