Home Ragam Megahnya Masjid Sheikh Zayed Al-Nahayan Solo

Megahnya Masjid Sheikh Zayed Al-Nahayan Solo

by Admin Progresif Media

PROGRESIF EDITORIAL- Masjid Sheikh Zayed Al-Nahayan Solo, saat ini tengah menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat. 

Bagaimana tidak, masjid yang menjadi hadiah dari Presiden MBZ kepada Presiden Jokowi sebagai simbol persahabatan kedua negara itu, mengahbiskan biaya pembangunan sebesar hampir Rp 300 Miliar. Biaya tersebut seluruhnya ditanggung oleh Presiden MBZ.

Masjid yang terletak di Kelurahan Gilingan, Banjarsari Solo tersebut baru saja diresmikan oleh Presiden Joko widodo bersama Presiden Uni Emirat Arab (UEA), Mohammed bin Zayed (MBZ), Senin (14/11).

Meskipun masjid Sheikh Zayed Al-Nahayan Solo merupakan replika dari masjid Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, UEA, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meninginkan ada sentuhan khas Solo di area masjid tersebut.

Sentuhan tersebut diletakkan pada karpet yang memiliki corak batik kawung dia area utama masjid. Tak hanya itu motif batik juga terdapat di pelataran masjid Sheikh Zayed Al-Nahayan Solo.

Kemegahan masjid tersebut juga didukung dengan bagian masjid yang harus didatangkan langsung dari Italia, salah satunya adalah marmer. Marmer tersebut digunakan untuk membalut seluruh lantai dan sebagian dinding masjid.

Masjid Sheikh Zayed Al-Nahayan mampu menampung 10 ribu jamaah. Bangunan utamanya memiliki kapasitas empat ribu orang. Selebihnya bisa menempati pelataran di sisi timur masjid yang cukup luas.
Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Sheikh Zayed Al-Nahayan juga digadang menjadi pusat penyebaran Islam moderat di Indonesia. Untuk mendukung hal itu, Masjid Sheiks Zayed dilengkapi dengan perpustakaan, ruang transit VIP, ruang pengelola, dan taman.***

Baca Juga:  Dakwah damai dan kekinian lewat syair ala Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf

Related Posts

Leave a Comment