Home Opini Refleksi Santri 2023

Refleksi Santri 2023

by Arundaya Maulana
Refleksi Santri 2023

PROGRESIF EDITORIAL – Santri, berbicara mengenai santri memang menarik, santri ikut andil menjadi pejuang yang melawan langsung para penjajah pada masa kolonial. Tangguh, cinta tanah air, dan berakhlak mulia, sungguh menjadi santri itu hebat dan luar biasa.

Tak hanya itu, sampai saat ini santri masih eksis dengan lestarinya pondok pesantren yang dibangun oleh para ulama. Bahkan, pondok pesantren di Indonesia semakin bertambah dan berkembang mengikuti pertumbuhan zaman yang semakin modern.

Generasi Z sebagai penerus, meluncurkan karya dan konten santri di media sosial, banyak orang lebih mudah memahami dan mengenal istilah santri yang sebenarnya. Mulai dari video sholawat hingga video islami yang berisi tentang berbagai pelajaran agama islam untuk masyarakat luas.

Tentunya tidak selamanya perkembangan zaman ini selalu berdampak positif pada generasi Z. Kurangnya moral dan adab pada generasi muda juga dapat dijumpai dimana-mana. Hal ini disebabkan karena penggunaan internet dan media sosial yang berlebihan tanpa pengawasan orang tua.

Tahun 2023, rasa cinta tanah air dan budi pekerti mulai berkurang sedikit demi sedikit tanpa disadari, padahal para pendahulu bangsa Indonesia sudah susah payah demi mencapai kejayaan bangsa ini. Jika terus dibiarkan usaha untuk mencapai negara yang makmur akan sia-sia.

Sebagai generasi muda sudah seharusnya cerdas dalam melakukan tindakan. Moral dan rasa cinta tanah air harus tetap ditanamkan pada setiap generasi ke generasi, melanjutkan perjuangan para kyai dan ulama untuk bangsa Indonesia.

Baca Juga:  Ternyata Penciptaan Anjing Berhubungan Dengan Nabi Adam!

Related Posts

Leave a Comment