Home Berita Syekh Yusri: Perbaiki Sisa Umur Kita dengan Perbanyak Zikir

Syekh Yusri: Perbaiki Sisa Umur Kita dengan Perbanyak Zikir

by Abdul Wahid Tamimi

“Perbaiki sisa umur kita dengan perbanyak berzikir yang mudah.”

Demikian kutipan dari pesan yang disampaikan oleh asy-Syekh as-Sayyid Prof. Dr. dr. Yusri Rusydi Gabr al-Hasani, mursyid tarekat Yusriyah Shiddiqiyah Syadziliyah sekaligus guru besar Fakultas Kedokteran Universitas al-Azhar Kairo, Mesir dalam Daurah Ilmiah yang dilaksanakan di Masjid Birrul Walidain Pesantren Progresif Bumi Shalawat pada Minggu dan Senin (03-04/09).

Kunjungan asy-Syekh Yusri ini menjadi yang kedua pada 2023 setelah sebelumnya pada bulan Maret lalu. Selain Pesantren Progresif Bumi Shalawat, asy-Syekh Yusri juga dijadwalkan akan berkunjung ke beberapa pesantren, diantaranya Pesantren al-Hikmah Brebes, Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Situbondo, Pesantren Amanatul Ummah Surabaya, Pesantren Darussalam Banyuwangi, Pesantren Qotrunnada Depok, Pesantren ash-Shiddiqiyah Jakarta, dan Zawiyah ar-Raudhah Jakarta.

Dalam Daurah Ilmiah kali ini, asy-Syekh Yusri mengajarkan kitab Taj al-Arus al-Hawi li at-Tadzhib an-Nufus karya asy-Syekh Ahmad bin Atha’illah as-Sakandari. Kitab tersebut menerangkan tentang tasawuf dan pembersihan hati ala tarekat Syadziliyah.

asy-Syekh Yusri berpesan sangat banyak kepada para santri. Ia menjelaskan tentang sisi positif dan negatif dalam bergaul atau menyendiri. Tak hanya itu, ia mengingatkan bahwa hawa nafsu selalu menjebak kita untuk selingkuh dari syariat agama yang ditetapkan Allah.

“Tentu, menyendiri dan terlalu beristiqomah dalam beribadah punya sisi negatif. Hal tersebut dikhawatirkan akan menimbulkan sifat berbangga diri dan ketergantungan pada amalan yang kita lakukan. Sehingga, sifat kesombongan iblis akan muncul dalam diri kita.” ungkap asy-Syekh Yusri.

asy-Syekh Yusri juga mengijazahkan beberapa wirid kepada para santri untuk dibaca setiap hari. Pembacaan wirid tersebut disertai dengan manaqib Rasulullah dan ditutup dengan Shalat Dhuha. Tak lupa, ia mendoakan para masyayikh dan santri Pesantren Progresif Bumi Shalawat agar selalu dirahmati Allah dan menjadi pribadi yang bahagia dunia akhirat.

Baca Juga:  6 Amalan yang Dapat Menjadikan Hidup Tentram dan Damai

Related Posts

Leave a Comment